Sumenep (Antara Jatim) - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sumenep, Jawa Timur, menerapkan penerimaan peserta didik baru (PPBD) tahun ajaran 2015-2016 dengan sistem dalam jaringan atau "online".

"Masa pendaftaran calon siswa baru di sekolah kami yang melalui jalur reguler, sejak 24 Juni hingga 4 Juli 2015. Pendaftarannya menggunakan sistem dalam jaringan," kata Ketua PPDB 2015-2016 SMAN 1 Sumenep, Moh Hasan di Sumenep, Rabu.

PPDB di SMAN 1 Sumenep melalui dua jalur, yakni jalur prestasi akademik maupun non-akademik dan reguler yang pendaftarannya dengan sistem dalam jaringan.

Hasan menjelaskan, PPDB melalui jalur prestasi telah dilakukan pada Mei 2015 dan berhasil menjaring 105 calon siswa baru.

"Kuota calon siswa baru di sekolah kami ditetapkan sebanyak 360 orang. Saat itu, jumlah pendaftar jalur prestasi sekitar 300 orang. Setelah melalui seleksi, sebanyak 105 pendaftar jalur prestasi yang diterima sebagai calon siswa baru SMAN 1 Sumenep," ujarnya, menerangkan.

Sementara untuk jumlah pendaftar jalur reguler, kata dia, sejak 24 Juni hingga 30 Juni tercatat sebanyak 350 orang.

"Itu baru angka sementara, karena masa pendaftaran hingga Sabtu (4/7). Kami akan menjaring 255 calon siswa baru melalui jalur reguler," ucapnya. 

Hasan juga mengemukakan, masa pengembalian berkas persyaratan bagi pendaftar jalur reguler selama empat hari, yakni sejak Rabu ini hingga Sabtu (4/7).

Pendaftar yang dinilai memenuhi persyaratan secara administrasi wajib mengikuti tes tulis pada Senin (6/7) pekan depan.

"Kami menyiapkan personel atau tim khusus untuk memastikan sistem pendaftaran dalam jaringan itu tidak bermasalah. Kami juga pastikan PPDB di SMAN 1 Sumenep akan berlangsung secara fair," katanya, menerangkan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015