Ngawi (Antara Jatim) - Seorang anggota TNI asal Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, juga ikut menjadi korban kecelakaan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU di Medan, Sumatra Utara, yang jatuh pada Selasa (30/6) kemarin.
     
Korban adalah, Sersan dua (Serda) Sugiyanto, warga Desa Tambakromo, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi. Korban merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara pasangan Almarhum Somo Diharjo Pardi dan Almarhumah Kasirah.
     
Kakak korban, Suparno, Rabu, mengatakan, selama ini Serda Sugiyanto bertugas sebagai Paskhas 462 Lanud Roemin Nurjadin Pekanbaru, Riau. 
     
"Informasinya, adik saya ikut menumpang pesawat Hercules itu untuk bertugas di Satuan Radar 213 Tanjung Pinang," ujar Kakak korban, Suparno, kepada wartawan.
     
Menurut dia, kabar kematian Serda Sugiyanto diperoleh keluarga di Ngawi berdasarkan informasi dari keluarga istri Serda Sugiyanto, Lia, yang saat ini tinggal di Pekanbaru. 
     
Informasi itu kemudian dikuatkan dengan datangnya utusan dari Lanud Iswahjudi Magetan yang menyatakan jenazah Serda Sugiyanto berhasil teridentifikasi dalam keadaan utuh, namun penuh luka. 
     
Kakak korban lainnya, Pariyem, mengatakan, Serda Sugiyanto terakhir pulang kampung pada Oktober tahun 2014, untuk menghadiri selamatan peringatan kematian ibunya, Kasirah.
     
"Pada pertemuan itu, Sugiyanto berpesan bahwa Lebaran tahun depan tidak akan lagi pulang kampung. Semalam sebelum kejadian kecelakaan, kakaknya juga ada yang bermimpi kalau rumahnya kebanjiran," kata Pariyem. 
     
Ia menambahkan, setelah bermusyawarah dan melakukan kontak dengan keluarga istrinya di Pekanbaru, diputuskan bahwa jenazah Serda Sugiyanto akan dimakamkan di Pekanbaru, Riau. 
     
Sesuai rencana keluarga korban asal Ngawi akan berangkat ke Pekanbaru pada hari Kamis tanggal 2 Juli 2015 untuk menghadiri pemakaman korban yang belum diketahui jadwalnya.
     
Serda Sugiyanto mengawali karirnya menjadi TNI setelah lulus dari pendidikan bintara TNI AU pada tahun 1998/1999 di Solo, Jawa Tengah. Ia meninggalkan seorang istri dan dua orang anak yang berumur lima dan satu tahun.
     
Seperti diketahui, pesawat Hercules milik TNI AU jatuh di kawasan padat penduduk dan tempat pertokoan di Jalan Jamin Ginting, Simanglikar Medan, Sumatra Utara, Selasa (30/6) siang. 
     
Pesawat dengan dengan nomor registrasi A1310 tipe C-130 itu, mengangkut berbagai macam logistik, kru pesawat, dan warga sipil. Pihak berwenang masih melakukan evakuasi dan identifikasi terhadap korban kecelakaan pesawat tersebut. (*)


Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015