Sumenep (Antara Jatim) - Sekitar 30 personel gabungan dari Polres Sumenep, Jawa Timur, melakukan razia terhadap kapal di Pelabuhan Rakyat (Pelra) Desa Gersik Putih, Kecamatan Kalianget, guna memberikan rasa aman dan nyaman..

"Ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan tim gabungan dalam rangka cipta kondisi menjelang Hari Raya Idul Fitri 2015," kata Kapolsek Kalianget, AKP Iwan Setyo Budhi di Sumenep, Selasa.

Ketika melakukan razia di pelra tersebut, personel tim gabungan dari sejumlah unsur di Polres Sumenep dan Polsek Kalianget itu menemukan satu kapal berbahan dasar kayu yang mengangkut sejumlah sepeda motor dan beras untuk program beras bagi masyarakat miskin (raskin).

"Kapal tersebut akan berlayar ke Pulau Kangean. Kami langsung melakukan pengecekan dokumen atau surat-surat resmi, baik kapal maupun muatan kapalnya, yakni sepeda motor dan beras untuk program raskin," ujarnya, menambahkan.

Dokumen kapal yang akan berlayar ke Pulau Kangean itu langsung diperiksa oleh personel tim dari satuan polisi perairan (polair).

Sementara dokumen sejumlah sepeda motor yang diangkut kapal tersebut diperiksa oleh personel tim dari satuan lalu lintas (lantas).

"Untuk beras program raskin, dokumennya diperiksa oleh personel tim yang dari satuan reserse kriminal (reskrim). Setelah dihitung, jumlah beras program raskin yang berada di dalam kapal tersebut sekitar 14 ton," kata Iwan, menerangkan.

Mantan Kasat Sabhara Polres Sumenep itu juga mengemukakan, sejumlah anggota satuan reskrim mendatangi dan menemui pimpinan kantor gudang bulog setempat untuk mengkonfirmasi kebenaran dokumen beras program raskin yang ada di kapal tersebut.

"Untuk sementara, kapal itu belum berangkat, karena dokumen beras program raskin yang diangkutnya masih diklarifikasi oleh anggota reskrim guna menghindari hal-hal tak diinginkan," ujarnya, menambahkan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015