Sidoarjo (Antara Jatim) - Pasukan Marinir 1 Gedangan Sidoarjo, Jawa Timur, menyiagakan sekitar dua batalyon anggotanya untuk membantu kepolisian dalam pengamanan lebaran tahun 2015 di wilayah setempat.

Komandan Pasukan Marinir 1 Gedangan Sidoarjo, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang, Rabu, mengatakan, anggota yang disiagakan tersebut akan siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk melakukan pengamanan.

"Anggota tersebut siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu proses pengamanan saat lebaran. Intinya kami siap untuk membantu penuh petugas kepolisian dalam pengamanan lebaran ini," katanya di sela-sela pembagian takjil di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, tidak hanya pengamanan lebaran saja pihaknya siap membantu petugas kepolisian di wilayah setempat.

"Pengamanan lain seperti pengamanan hari buruh beberapa waktu yang lalu pihaknya juga siap membantu penuh dalam hal pengamanan," katanya.

Ia mengatakan, pengamanan tersebut tidak harus menunggu proses resmi surat menyurat yang membutuhkan waktu cukup lama.

"Hal tersebut karena kondisi lapangan sangat cepat berubah. Dan kami harus siap, cepat dan tanggap dalam membantu pengamanan tersebut," katanya.

Dalam pembagian takjil tersebut, pihaknya juga melibatkan kepolisian di Sektor Gedangan untuk turut serta membantu kegiatan itu.

"Sedikitnya ada seribu takjil yang dibagikan pada kegiatan ini. Kami juga memberikan buka puasa berupa nasi kotak kepada pengendara yang melaksanakan ibadah shalat Magrib di masjid kami," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015