Surabaya (Antara Jatim) - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya siap menggelar Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) untuk membacakan rekomendasi pasangan calon wali kota (Cawali) dan wakil wali (Cawawali) Kota Surabaya yang diusung PDIP di Pilkada Surabaya 2015.

"Instruksi secara lisan dari DPD PDIP Jatim agar segera menggelar rakercabsus sudah dua hari lalu, namun secara resmi baru saya terima pada 24 Juni ini," kata Sekretaris DPC PDIP Surabaya Syaifudin Zuhri kepada Antara di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, instruksi dari DPD PDIP Jatim tersebut ditujukan kepada tujuh DPC yang daerahnya menggelar Pilkada yakni Kota Surabaya, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Sumenep.

"Sesuai instruksi, paling lambat rakercabsus digelar pada 24-28 Juni. Surabaya bisa digealr diakhir bisa dipertegahan," katanya.

Namun demikian, lanjut dia, untuk Surabaya ini khusus, hal ini dikarenakan DPC PDIP Surabaya akan mengundang pengurus DPP dan DPD PDIP Jatim di acara rakercabsus tersebut.
 
"Tentunya kami akan konfirmasi ke DPP PDIP Jatim agar jadwal rakercabsus bisa menyesuaikan dengan jadwal bu Rismaharini selaku wali kota dan pak Whisnu selaku wakil wali kota. Bisa saja, pelaksanaan rakercabsus di luar tanggal 24-28 Juni," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono belum ada pemberitahuan resmi dari institusi partai yang lebih tinggi kepada DPC PDIP Kota Surabaya.

"Sampai saat ini belum ada jadwal Rakercabsus. Juga belum ada rapat partai membahas itu di DPC PDIP Kota Surabaya," katanya.

Sementara di DPC PDIP Kota Surabaya, lanjut dia, saat ini fokus membahas tentang desain pemerintahan Kota Surabaya lima tahun ke depan, termasuk agenda-agenda strategis yang menjadi prioritas kebijakan pembangunan kota.

Selain itu, lanjut dia, DPC PDIP Kota Surabaya menyarankan kepada Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur, Sri Utari agar sebaiknya melakukan konsultasi lebih dahulu dengan cabang-cabang di kabupaten/kota, sebelum mengumumkan pada publik terkait keputusan strategis partai, seperti rekomendasi tentang calon kepala daerah-calon wakil kepala daerah.

Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Utari sebelumnya mengatakan DPP PDIP mengeluarkan tujuh rekomendasi pasangan bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah di Jawa Timur.

"Sesuai SK penjaringan Pilkada, penyampaian rekomendasi dari DPP PDIP akan disampaikan DPD PDPI Jatim
dalam forum Rakercabsus (Rapat Kerja Cabang Khusus) yang digelar DPC PDIP di masing-masing daerah," katanya.

Saat ditanya untuk rekomendasi Surabaya, Sri Utari mengatakan pihaknya belum membuka surat rekomendasi itu karena masih dalam amplop tertutup. "Tapi kalau yang dikirimkan hanya pasangan bu Risma dan pak Whisnu, ya, kemungkinan besar ya calon itu yang dapat," ujarnya.

Namun demikian, lanjut dia, DPC PDIP Surabaya belum mengirimkan tanggal pelaksanaan kapan rakercabsus akan digelar. "Sampai saat ini kita sudah instruksikan untuk menggelar rakercabsus untuk Surabaya sepertinya minggu depan, terserah kesiapannya mereka kapan," ujarnya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015