Sumenep (Antara Jatim) - Manajemen salah satu perusahaan pelayaran di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, PT Sumekar menambah jumlah kapal untuk beroperasi di lintasan Kalianget-Kangean.
 
"Kami melakukan kerja sama operasional dengan perusahaan pelayaran tertentu untuk mengoperasikan satu kapal cepat di lintasan Kalianget-Kangean. Insya-Allah, kapal cepat tersebut akan beroperasi dalam waktu dekat," kata Direktur PT Sumekar, Rasul Junaidy di Sumenep, Selasa.

PT Sumekar adalah badan usaha milik daerah (BUMD) milik Pemkab Sumenep yang bergerak di bidang pelayanan jasa transportasi laut.

"Kehadiran kapal cepat 'Mega' yang merupakan hasil kerja sama operasional itu akan menambah jumlah armada kami yang beroperasi di lintasan Kalianget-Kangean," ujarnya, menerangkan.

Ia menjelaskan, pihaknya akan mengoperasikan kapal cepat tersebut hanya di lintasan Kalianget-Kangean.

"Sementara satu kapal lainnya, yakni KMP Dharma Bahari Sumekar (DBS) I tetap melayani jalur Kalianget-Kangean-Sapeken," paparnya.

Rasul juga mengemukakan, kapal cepat yang dioperasikannya itu berbahan dasar baja dan sudah berada di Pelabuhan Kalianget sejak beberapa hari lalu.

"Saat ini, kami menyiapkan dan mengurus segala sesuatunya untuk bisa mengoperasikan kapal cepat tersebut di lintasan Kalianget-Kangean. Insya-Allah, sudah bisa beroperasi pada masa angkutan Lebaran 2015," katanya, menambahkan.

PT Sumekar adalah salah satu perusahaan pelayaran yang menjadi operator reguler di lintasan Kalianget-Kangean. 

Sejak beberapa tahun lalu, PT Sumekar hanya mengoperasikan satu kapal, yakni KMP DBS I, di lintasan Kalianget-Kangean.

Sesuai jadwal, kapal milik PT Sumekar melayani lintasan Kalianget-Kangean sebanyak tiga kali dalam sepekan, yakni Minggu, Selasa, dan Jumat, dengan titik awal pemberangkatan kapal di Pelabuhan Kalianget.

Sementara operator reguler lainnya di lintasan Kalianget-Kangean adalah PT Sakti Inti Makmur yang mengoperasikan satu kapal cepat. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015