Surabaya (Antara Jatim) - Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Kasirun Situmorang meminta seluruh Taruna dan Taruni Akademi TNI (Akmil, AAL, AAU) dan Polri (Akpol) untuk menjaga jiwa dan semangat integrasi serta senantiasa meningkatkan hubungan baik.

     "Semangat integrasi, hubungan baik dan silaturahmi itu sangat bermanfaat, baik pada masa pendidikan maupun dalam mendukung penugasan kelak di kemudian hari," katanya di hadapan 754 Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian yang mengunjungi Markas Marinir di Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Jumat.

     Kedatangan 754 Taruna yang terdiri dari 456 Taruna Akademi TNI dan 298 Taruna/Taruni Akademi Kepolisian yang melaksanakan kegiatan Bhinneka Eka Bhakti Taruna Akademi TNI dan Akpol  Tingkat I Tahun Pelajaran 2014/2015 di Bhumi Marinir Karangpilang itu juga disambut dengan "tour of facility".

     "Tour of facility" bermula dari Lapangan Tembak Internasional FX Soepramono, lalu ke kolam ranpur untuk menyaksikan manuver kendaraan amfibi LVT-7A dan BMP-3F di dalam kolam ranpur, dan akhirnya bergerak menuju Batalyon Taifib-1 Marinir untuk menyaksikan kebolehan prajurit Taifib-1 Marinir dalam pelaksanaan rappling, terjun free fall dan bela diri militer.

     Kegiatan dilanjutkan di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang untuk menyaksikan demonstrasi manuver kendaraan tempur Korps Marinir diantaranya BVP-2, BMP-3F, dan meriam howitzer 105 mm.

     Setelah menyaksikan pemutaran profil Marinir, para Taruna dikagetkan dengan suara ledakan dan tembakan yang disusul dengan aksi prajurit Taifib yang masuk ke dalam gedung Indoor sport dan mengambil penyusup diantara para Taruna.

     Akhirnya, tawanan tersebut dibawa dari Bhumi Marinir Karangpilang dengan cara Stabo menggunakan hely bell milik Puspenerbal. Suguhan aksi prajurit Taifib yang berlangsung singkat itu membuat para Taruna terheran-heran, karena mereka tidak menyangka kalau di dalam gedung sudah siap prajurit-prajurit Taifib yang akan melaksanakan aksi penculikan.

     Rangkaian kegiatan Bhinneka Eka Bhakti Taruna Akademi TNI dan Akpol  Tingkat I Tahun Pelajaran 2014/2015 ini berlangsung mulai tanggal 8-17 Juni 2015 dimulai dari Akmil Magelang menyinggahi satuan-satuan di kota Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, Malang, dan Semarang.

     Kegiatan Bhinneka Eka Bhakti merupakan latihan integratife yang dilakukan oleh Taruna Taruni Akademi TNI dan Akpol, dikoordinir oleh Kolonel Inf Djoko Andoko, yang direncanakan para Taruna Taruni akan menuju ke Semarang dengan menggunakan KRI Surabaya dari Mako Armatim dan akan mengakhiri kegiatan Bhinneka Eka Bhakti di Akademi Kepolisian Semarang.

     Dalam waktu yang sama (12/6), Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko menyambut peserta latihan Bhinneka Eka Bhakti Taruna Akademi TNI dan Akpol  Tingkat I Tahun Pelajaran 2014/2015 di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya, Jalan Raden Wijaya, Surabaya.

     "Kegiatan ini sangat penting dan berarti bagi para Taruna, untuk memberikan data awal tentang  profil TNI  baik  TNI AD, TNI AL maupun TNI AU serta Polri," kata Pangdam V/Brawijaya dalam pembekalan kepada para Taruna dan Taruni TNI dan Kepolisian itu.

     Sebelumnya (11/6), ratusan Taruna/Taruni Akademi TNI dan Akademi Polri tingkat I Tahun Ajaran 2014/2015 juga berkunjung ke Koarmatim yang disambut dengan demonstrasi Tim Gultor Satkorarmatim, dan demonstrasi Tim Semapore Satranarmatim di atas KRI Pulau Rupat-712.

     Selanjutnya, demonstrasi Sea Reader Satkopaskaarmatim, demonstrasi tim VBSS Satrolarmatim, demonstrasi
naik turun jaring dari Tim Satfibarmatim, demonstrasi RAS dari Satkatarmatim, demonstrasi PEK dari Satbanarmatim, dan demonstrasi perahu layar platu dari Satselarmatim.

     Setelah menyaksikan rangkaian kegiatan dan demo prajurit Koarmatim di sepanjang Jalan Purwo, para Taruna/Taruni memasuki Gedung PTA untuk mengikuti pengarahan Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto yang didahului dengan rangkaian kegiatan Band Performance Perwira Tidur Dalam Koarmatim.

     Dari Koarmatim, ratusan peserta Bhinneka Eka Bhakti Taruna dan Taruni Akademi TNI dan Akademi
Kepolisian itu mengunjungi kampus AAL Bumimoro, Surabaya, yang disambut Wagub AAL Laksamana Pertama TNI Deddy Muhibah Pribadi saat mewakili Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Mayjen TNI (Mar) Guntur IC Lelono. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015