Sudah pernah mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu? Jika sudah, pasti kangen ingin datang lagi. Dan, jika belum, pasti sangat penasaran seperti apa, dan di mana Air Terjun Grojogan Sewu tersebut...

     Air Terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di daerah Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dapat ditempuh sekitar satu setengah jam dari Kota Solo, Jawa Tengah, ataupun satu setengah jam dari Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

     Jalan yang ditempuh sudah pasti menanjak dan berkelok-kelok. Panoramanya juga memukau hati, barisan pohon pinusnya seperti lembaran karpet hijau raksasa yang membentang di sepanjang lereng Lawu. Karena berada di daerah pegunungan, maka udara di lokasi tersebut sangatlah sejuk. Bahkan, jika malam hari suaaanggaat dingggiin...brrrr..

     Air Terjun Grojogan Sewu dan hutan di sekelilingnya dikelola oleh Kementerian Kehutanan, Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Provinsi Jawa Tengah, Seksi Konservasi Wilayah 1.

     Untuk memasuki kawasan wisata Grojogan Sewu, para pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp11.500 per orang. Adapun untuk sampai di lokasi Grojogan Sewu, dibutuhkan perjuangan yang lumayan berat. Pengunjung harus menuruni anak tangga yang jumlahnya sekitar 1.250 anak tangga. Demikian juga dengan kembalinya, harus menaiki 1.250 anak tangga.

     Untuk mempermudah pengunjung, pihak pengelola sudah memisahkan anak tangga untuk masuk ke Air Terjun Grojogan Sewu dan keluar dari lokasi tersebut. Sehingga, langkah para pengunjung tidak akan bertabrakan antara yang naik dan yang turun.

     Selain itu, di beberapa tikungan anak tangga, terdapat gazebo atau gubuk yang dapat dimanfaatkan untuk istirahat apabila lelah menuruni ataupun menaiki anak tangga tersebut. Kerennya, di sepanjang anak tangga biasanya akan disambut oleh puluhan monyet liar, namun "jinak". Tak jarang monyet-monyet tersebut merampas makanan yang dibawa oleh pengunjung.

     Setelah menuruni anak tangga hingga seribu lebih, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan indah Air Terjun Grojogan Sewu. Ketinggian air terjun tersebut diketahui mencapai sekitar 81 Meter.

     Para pengunjung bisa mendekat ke air terjun dengan melewati bebatuan dan sungai kecil di sekitar air terjun. Di situ, pegunjung bisa merasakan kesegaran air yang jatuh dari bukit. Selain itu, pengunjung bisa berselfie ria dengan latar belakang pemandangan yang benar-benar mantappp...

     "Pemandangannya keren banget. Kita bisa bermain air sambil berfoto dan berselfie ria dengan keluarga dan teman," ujar seorang pengunjung asal Jakarta, Gunawan.

     Namun, pada saat musim hujan, pengunjung diminta berhati-hati ketika berada di bawah air terjun. Sebab, sewaktu-waktu bisa terjadi banjir.
     
     Selain disuguhi keindahan alam air terjun, pengunjung juga dimanjakan dengan beragai fasilitas yang menunjang acara tamasya keluarga. Di antaranya, fasilitas kolam renang, taman bermain, "out bond", toko oleh-oleh, dan berbagai fasilitas lainnya.

     Bagi pengunjung yang lapar, di lokasi sekitar banyak terdapat warung yang menjual makanan khas lereng Lawu, yakni sate kelinci. Sehingga, pengunjung bisa makan sate kelinci sambil menikmati pemandangan Air Terjun Grojogan Sewu. Wuihhh, sedapnya. Sedap di mata dan juga sedap di lidah. (*) 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015