Surabaya (Antara Jatim) - Delegasi dari Korps Marinir mengikuti Latihan "Sea Garuda 18 AB-15" Tahun 2015 yang merupakan latihan bersama dengan "Royal Thai Marines Corps" (RTMC) di Thailand pada 1-9 Juni 2015.

Dinas Penerangan Korps Marinir dalam keterangan resmi yang diterima Antara di Surabaya, Kamis, menyebutkan latihan bersama itu merupakan salah satu langkah implementasi "Word Class Navy".

Namun, latihan bersandi "Sea Garuda" itu biasanya hanya melibatkan unsur-unsur armada yaitu KRI dan pesawat udara, tetapi kini juga melibatkan delegasi dari Korps Marinir di bawah pimpinan Letkol Mar Raja Erjan Girsang.

Erjan Girsang selaku Ketua Delegasi didampingi anggota Mayor Marinir Rana Karyana, Kapten Marinir Mat Kholis, Kapten Marinir Tirta Ferdiansyah, dan Kapten Marinir Dani Widyanta.

Delegasi Korps Marinir tersebut membawa misi diplomasi dan juga sebagai langkah awal penjajakan Latihan Bersama Bilateral antara Kormar dan RTMC sebagai bagian dari Latma Sea Garuda yang kemungkinan akan ada serial latihan bersama tersendiri pada masa yang akan datang.

Delegasi berangkat dari Lanudal Pondok Cabe, Jakarta pada 29 Mei 2015 dengan menggunakan Pesawat TNI-AL CN 235 yang menjadi bagian dari skenario latihan Sea Garuda 18 AB-15.

Pesawat mendarat di Bandara Utapao Thailad pada 1 Juni 2015 dengan disambut perwakilan dari delegasi RTMC Major Freid, lalu menuju ke RTMC Base di Satahip, Conburry Thailand yang merupakan tempat pelaksanaan latihan.

Kegiatan delegasi Korps Marinir diawali dengan upacara pembukaan latihan pada 2 Juni 2015 bertempat di Sattahip Naval Base-Chuksamet Port (Pangkalan Armada Laut Thailand).

Upacara pembukaan yang diikuti oleh prajurit KRI Usman Harun, KRI Sultan Hasanudin, Kru Pesawat CN 235, perwakilan Prajurit Royal Thai Navy, dan Royal Thai Marines Corps itu, dihadiri Panglima Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Darwanto dan Comander of Freegate Skuadron Royal Thai Fleet RADM Sanon Pha-Am.

Komandan Guspurla Koarmatim Laksamana Pertama TNI I.N.G. Ariawan menerima kunjungan kerja Delegasi Angkatan Laut Filipina di Ruang VIP Gedung Laksamana Nala, Surabaya pada Kamis.

Delegasi Angkatan Laut Filipina yang berjumlah delapan orang itu, dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Filipina Rear Adm Caesar C. Taccad AFP.

"Kunjungan Delegasi Angkatan Laut Filipina tersebut berkaitan dengan kegiatan `Steel Cutting` dan peletakan lunas (kerangka) pembangunan kapal perang pesanan Angkatan Laut Filipina pada PT PAL Indonesia," kata Kadispen Armatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015