Jember (Antara Jatim) - Mahasiswa program studi Rekam Medik Jurusan Kesehatan   Politeknik Negeri Jember (Polije), Jawa Timur,  semester IV yakni Novitasari, Ira Indriyani dan Vivi Sefrinta Izza Afkarina  berhasil menjadi juara pertama kategori Medical Record Brain Competition pada Olimpiade Rekam Medis Indonesia 2015 yang digelar di Universitas Gadjah Mada.

     "Pada tahap penyisihan kategori Medical Record Brain Competition diikuti oleh 40 tim dari perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta penyelenggara program studi rekam medis atau manajemen informasi kesehatan se-Indonesia," kata pendamping delegasi, Feby Erawantini di Jember, Jumat.

     Dari seleksi tahap penyisihan tersebut terjaring 12 tim yang berhak mengikuti babak semi final dan harus berkompetisi dengan dibagi empat kelompok, serta masing-masing pemenang kelompok berhak mengikuti babak final.

     "Pada akhir babak final Tim Polije meraih juara 1 dengan total nilai 200 dan Tim UGM sebagai juara 2 dengan nilai 155 serta Tim Apikes Citra Medika sebagai juara 3 dengan nilai 140," katanya.

     Menurut dia Medical Record Brain Competition adalah lomba cerdas cermat bidang rekam medis dan informasi kesehatan dengan peserta mahasiswa aktif yang mewakili perguruan tinggi dalam bentuk kelompok yang terdiri dari tiga orang.  

     Lomba itu merupakan lomba tahunan yang diadakan oleh himpunan mahasiswa rekam medis UGM yang bekerja sama dengan Perhimpunan Profesi Perekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (PORMIKI) dan Asosiasi Perguruan Tinggi Perekam Medis Seluruh Indonesia (APTIRMIK).

     Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Polije, Muh. Munih Dian Widianta mengapresiasi prestasi yang diraih ketiga mahasiswa tersebut. "Prestasi itu semakin meneguhkan keunggulan mahasiswa Polije dan kompetensi perguruan tinggi vokasi dalam pengembangan potensi mahasiswanya," tuturnya.

     Ia berharap prestasi itu dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk lebih semangat belajar dan berkarya pada bidang-bidang lain serta menjadi bagian penting untuk menyiapkan daya saing lulusan di masa mendatang.

     Novitasari mengaku bangga bisa memenangkan olimpiade tersebut bersama dua rekannya karena tidak menyangka bisa membawa piala bergilir dan juara pertama.

     "Kemenangan ini saya persembahkan kepada program studi Rekam Medik, jurusan dan almamater kami, semoga bisa menambah semangat kami dalam memperdalam ilmu yang kelak bermanfaat bagi bangsa dan negara," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2015