Pada hari ini 28 Juli 2019, Insya Allah pukul 20.00 malam kloter terakhir akan tiba di Mekkah, yakni kloter SUB 40
Mekkah (ANTARA) - Kloter terakhir yakni jamaah calon haji dari Embarkasi Surabaya (SUB 40) diberangkatkan dari Madinah dan diperkirakan segera tiba di Mekkah, Arab Saudi pada Minggu malam sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

“Pada hari ini 28 Juli 2019, Insya Allah pukul 20.00 malam kloter terakhir akan tiba di Mekkah, yakni kloter SUB 40,” kata Kepala Daerah Kerja Mekkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Subhan Cholid di Kota Mekkah, Minggu.

Setelah ketibaan kloter tersebut di Mekkah, maka seluruh petugas haji di Mekkah akan berkonsentrasi untuk menerima kedatangan jamaah seluruhnya dari Jeddah.

Namun demikian, kata dia, karena jamaah yang tiba di Mekkah sudah cukup banyak atau sudah mencapai 70 persen, bahkan lebih dari total jamaah sebanyak 231.000, maka petugas tetap diterjunkan ke pondokan tempat tinggal jamaah.

“Meskipun kedatangan jamaah cuma satu arah dari Jeddah nanti kita akan kirimkan teman-teman di hotel-hotel. Jadi jadi di setiap hotel akan ada petugas kita yang akan memberikan pelayanan kepada jamaah baik layanan pengaduan, konsumsi, akomodasi, dan lain-lain,” katanya.

Selain itu, petugas juga akan diterjunkan untuk mengorganisasi atau menata kembali kloter-kloter yang baru tiba dari Jeddah yang beberapa di antaranya melalui jalur "fast track" sehingga tanpa melewati proses konsolidasi kloter sesuai dengan rombongannya.

Petugas haji juga akan mendapatkan tambahan tim dari mereka yang sebelumnya bertugas di Madinah.

Para petugas dari Madinah ini selama menjelang puncak musim haji akan diperbantukan melayani jamaah di Mekkah.

“Jadi kami akan memperbantukan mereka pada Sektor Khusus yang bertugas di Masjidil Haram,” demikian Subhan Cholid.

Baca juga: Rombongan pertama calon haji Indonesia tiba di Mekkah

Baca juga: 441 calon haji Kloter 2 Embarkasi Batam menuju Mekkah

Baca juga: Calon haji Kloter 10 Batam menuju Mekkah


 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019