Tim keselamatan yang terdiri dari petugas medis ini terdiri dari delapan orang. Mereka bertugas selama pertandingan turnamen Festival Cisadane berlangsung. Selain itu, PMI juga menyiagakan dua unit mobil ambulans di area pertandingan dragon boat dan
Tangerang, Banten (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, Banten, menerjunkan tim keselamatan untuk mengawal perlombaan dragon boat (perahu naga) dalam perhelatan Festival Cisadane yang digelar pada Sabtu, (27/7)

"Tim ini bertugas untuk memastikan kondisi kesehatan para atlet yang berlaga di event kejuaraan yang berlangsung di Sungai Cisadane di Jalan Benteng Makassar, Kota Tangerang," kata anggota tim medis PMI Kota Tangerang Novi Azia Bunga, melalui sambungan telepon, Sabtu (27/7).

Menurut dia, tim keselamatan yang terdiri dari petugas medis ini terdiri dari delapan orang. Mereka bertugas selama pertandingan turnamen Festival Cisadane berlangsung. Selain itu, PMI juga menyiagakan dua unit mobil ambulans di area pertandingan dragon boat dan tinju.

Baca juga: PUPR siapkan jembatan apung meriahkan festival Cisadane

Dari hasil pemeriksaan sementara, seluruh atlet kondisinya sehat. Hingga pertandingan selesai tidak ada kendala apapun dan pertandingan juga berjalan dengan kondusif. Di lokasi, PMI juga mendirikan posko kesehatan untuk memberikan pelayanan medis dan pelayanan donor darah.

”Untuk para pengujung yang belum mengetahui jenis golongan darah bisa diperiksakan di posko PMI yang kami dirikan, di posko juga terdapat pelayanan kesehatan jika ada warga yang kelelahan saat menyaksikan perlombaan berlangsung," katanya menambahkan.

Keterlibatan PMI dalam Festival Cisadane ini tentunya untuk memberikan pelayanan khususnya terkait kesehatan kepada atlet maupun warga. Apalagi acara itu dihadiri banyak orang khawatir ada yang kelelahan sakit, pingsan atau gangguan kesehatan lainnya.

Pelayanan yang diberikan kepada warga ini gratis atau sama sekali tidak dipungut biaya. Warga bisa berkonsultasi sekaligus memeriksakan kesehatan mulai dari pengecekan tensi darah hingga pemeriksaan golongan darah.

Baca juga: Festival Cisadane gelar turnamen tinju di pinggir sungai
Baca juga: Dua kementrian siap tampilkan produk unggulan di festival Cisadane

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019