Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada kunjungan kerja ke Colombia menjadi "keynote address" World City Summit di Medellin.

Hal tersebut disampaikannya dalam akun media sosial facebook atas nama Anies Baswedan yang isinya :

Keynote Address di World City Summit di Medellin, Colombia. Pertemuan global seperti ini bukan saja menjadi ajang tukar menukar pengalaman, ini juga jadi ajang bagi kita untuk ikut kontribusi bagi kemajuan dunia.

"Sebuah kehormatan tersendiri bahwa Walikota Seoul dan Gubernur Jakarta menjadi pemberi keynote address dalam pertemuan global ini," kata Anies dalam status facebook, Rabu.

Baca juga: Anies jadi pembicara pada pertemuan USINDO Luncheon di Washington

Baca juga: Anies jadi pembicara "World Cities Summit Mayors Forum" di Kolombia


Dalam kesempatan ini menjelaskan tentang transformasi kota dan pembangunan masyarakatnya di Jakarta, termasuk di bidang angkutan umum masal.

Kemajuan di bidang transportasi di Jakarta ini memang menarik perhatian karena hadirnya program Jak-Lingko direspon positif oleh publik Jakarta, dimana jumlah pengguna kendaraan umum di Jakarta semula 123 juta penumpang di tahun 2016, lalu melonjak menjadi 189 juta di tahun 2018 dan diproyeksikan menjadi 255 juta di tahun 2019.

"Ini menunjukkan bahwa kita on the right track dalam mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan raya, dan itu artinya bisa mengurangi polusi udara yang akhirnya bisa memperbaiki kualitas udara kita di Jakarta, InsyaAllah," kata Anies.

Berbagi gagasan dan pengalaman seperti ini adalah bagian dari kontribusi kita pada dunia. Dan seperti ditegaskan dalam pembukaan UUD 1945, salah satu tujuan berdirinya negara dan pemerintahan: “ikut melaksanakan ketertiban dunia”.

Indonesia adalah negara terbesar keempat, Jakarta adalah kota megapolitan terbesar di dunia belahan selatan. Jangan sampai justru dipandang sebagai bangsa yang tidak peduli dengan permasalahan bersama masyarakat dunia. Terobosan-terobosan yang kita bagikan, bisa jadi bahan yang bermanfaat bagi semua.

"Ini sekaligus membuktikan bahwa kita adalah warga kota, warga negara dan warga dunia. Kita peduli pada semuanya," kata Gubernur.

Semoga Jakarta terus bisa makin maju, dan warganya makin bahagia. Amin .

Baca juga: Jakarta tuan rumah Formula E, pengamat: keren

Baca juga: Anies berhasil negosiasi Jakarta jadi tuan rumah Formula E

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019