Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy melakukan kunjungan ke SDN Tambun 03, Jalan Pendidikan II, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/7) atau tepat di hari kedua masuk sekolah.

Dalam kunjungannya itu, Mendikbud memantau proses kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Kedatangan Mendikbud disambut para guru dan murid SDN 03, serta SDN 01 dan SDN 10 Tambun Selatan yang lokasinya berdekatan.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir mengajak para siswa-siswi menyanyikan lagu Garuda Pancasila, Dari Sabang sampai Merauke, serta lagu kebangsaan lainnya.

Muhadjir juga memberikan tantangan kepada para siswa baru untuk membacakan Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Saya senang mendapatkan sambutan seperti ini, gurunya semangat muridnya juga semangat. Rasa semangat ini yang harus ditanamkan," kata Muhadjir.

Kehadiran Muhadjir dimanfaatkan para guru, orang tua murid, maupun murid untuk mendokumentasikan momen tersebut menggunakan ponselnya.

Di hadapan para murid-murid, Muhadjir berpesan agar mereka selalu semangat dalam menuntut ilmu. Kepada para guru, Muhadjir meminta agar mereka dapat menjadi contoh yang baik bagi muridnya dan selalu mengarahkan anak-anak kepada hal-hal kebaikan.

"Anak-anak ini punya cita-cita tinggi yang diharapkan para orangtuanya. Nah guru-guru inilah yang bisa membantu mewujudkannya dengan memberikan ilmu. Apalagi tingkatan SD ini jadi dasar pokok anak mendapatkan ilmu-ilmu baru," kata dia.

Tidak hanya melakukan kunjungan ke SDN 03 Tambun, Mendikbud juga melakukan kunjungan ke Sekolah Kristen Yayasan IPEKA, Tambun, Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Mendikbud kunjungi sekolah anak TKI di Tawau
Baca juga: Mendikbud kunjungi SD Deresan Yogya pantau kegiatan belajar
Baca juga: Mendikbud akan kunjungi keluarga siswa korban gedung ambruk

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019