Ada beberapa jamaah calon haji yang menggunakan kursi roda pada saat diberangkatkan dari Asrama Haji Palembang menunju bandara setempat dinaikkan ambulans
Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Jamaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang menggunakan kursi roda diberangkatkan ke bandara dari asrama haji dengan memakai kendaraan ambulance.

"Ada beberapa jamaah calon haji yang menggunakan kursi roda pada saat diberangkatkan dari Asrama Haji Palembang menunju bandara setempat dinaikkan ambulans," kata Petugas Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka, Gazali saat mendampingi jamaah calon haji di Palembang, Sabtu melalui pesan singkatnya.

Dipisahkannya jamaah calon haji yang menggunakan kursi roda dengan jamaah calon haji lainnya oleh petugas embarkasi, kata dia, adalah untuk memperlancar pemberangkatan.

"Jamaah calon haji yang menggunakan kursi roda saya lihat tetap bersemangat dan sehat sampai pada saat pemberangkatan ke Madinah yang dijadwalkan pukul 10.00 WIB," katanya.

Dia mengatakan, dari sebanyak 283 jamaah calon haji yang hendak diberangkatkan ada 15 orang yang usianya lanjut, yakni antara 81 sampai 100 tahun dan sebanyak 20 orang yang usianya 71 sampai 80 tahun.

Menurutnya, baik mental maupun fisik semua jamaah calon haji siap berangkat setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan, termasuk pula kelengkapan dokumen paspor jamaah dan perekaman biometrik oleh pihak kedutaan Arab Saudi.

"Kami di Tanah Air terus akan melakukan monitoring melalui petugas pendamping di tanah suci Mekkah untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan ibadah haji setiap saat," kata Gazali.

Baca juga: Sempat ingin pulang kampung, calhaj asal Bangka akhirnya berangkat

Baca juga: Saat di Asrama Haji Palembang, calhaj Bangka ikuti manasik terakhir

Baca juga: Dua petugas medis Bangka Barat dampingi jamaah calon haji

Pewarta: Kasmono
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019