Kelurahan Kebon Kacang distribusikan bantuan kepada korban kebakaran

id Kebakaran Tanah Abang

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) menurunkan bantuan untuk korban terdampak kebakaran di Jalan Jati Bunder, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (02/07/2019). (ANTARA/Kuntum Khaira Riswan)

Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Kebon Kacang mendistribusikan bantuan dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta kepada korban kebakaran Jalan Jati Bunder, Tanah Abang.

”Bantuan diserahkan ke RW 09 untuk nantinya dibagikan kepada warga yang sudah di data oleh RT,” kata Sekretaris Lurah Kebon Kacang Nani Suryani di Jakarta Pusat, Selasa.

Untuk pembagian, lanjut Nani, sepenuhnya diatur oleh RW 09 karena akan disesuaikan dengan kebutuhan warga setempat.

Baca juga: Kebakaran di Tanah Abang hanguskan 66 bangunan

Bantuan dari Dinas Sosial DKI Jakarta yang diterima Kelurahan Kebon Kacang Senin (1/7) lalu, terdiri dari 240 alat kebersihan, 80 peralatan mandi, 280 peralatan dapur, 40 handuk, 60 seragam sekolah, serta 40 paket alat masak.

Sebelum dibagikan kepada warga, Relawan Pemasyarakatan RW 09 Dewi mengatakan akan menghitung kembali jumlah bantuan yang diterima dan disesuaikan dengan kebutuhan warga.

“Di hitung dulu, palingan sore atau malam kita bagikan soalnya ada yang beda jumlahnya. Tertulis sapu lidi 40 buah tetapi yang ada 29,” kata Dewi di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Korban kebakaran Jati Bunder butuh makanan bayi dan air bersih

“Makanya ini tidak mungkin dibagikan per rumah, palingan nanti per lorong lah. Kan enggak semua butuh kayak pancul gini,” sambungnya.

Menurut Dewi, bantuan dari Dinsos tersebut belum semuanya akan didistribusikan kepada warga. Ia memprioritaskan bantuan yang bisa digunakan untuk membersihkan puing-puing sisa kebakaran dan keperluan memasak.

Selebihnya akan diberikan ketika puing-puing kebakaran sudah diangkut dan rumah warga siap untuk dibangun kembali. Guna menghindari kerusuhan, bantuan akan diserahkan melalui sistem kupon.


Pewarta : Kuntum Khaira Riswan
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar