Selain di Sumbar, Unand juga mengirim mahasiswa KKN PPM 2019 ke provinsi lain di Indonesia serta ke luar negeri dengan tiga negara tujuan yaitu Jepang, Vietnam dan Malaysia
Padang Aro (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, mengirim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Mayarakat (KKN PPM) 2019 ke luar negeri, yakni Jepang, Vietnam dan Malaysia, selain di Sumbar sendiri,

"Selain di Sumbar, Unand juga mengirim mahasiswa KKN PPM 2019 ke provinsi lain di Indonesia serta ke luar negeri dengan tiga negara tujuan yaitu Jepang, Vietnam dan Malaysia," kata Wakil Dekan II Fakultas Kesehatan Unand, Arya Gusti saat mengantarkan mahasiswa KKN PPM di Solok Selatan, di Padang Aro, Selasa.

Mahasiswa yang dikirim KKN PPM ke luar negeri untuk Jepang dan Vietnam masing-masing sebanyak 50 orang, sedangkan Malaysia 75 orang.

Dia mengatakan, mahasiswa yang dikirim KKN PPM ke luar negeri terlebih dahulu diseleksi oleh Unand dan diuatamakan yang memiliki kemampuan budaya dan bahasa Inggris yang memadai.

Untuk mahasiswa KKN PPM ke luar negeri, katanya, dibagi dua kategori yaitu kompetitif di mana biayanya ditanggung universitas dan mandiri dengan pembiayaan sendiri.

Tahun ini, kata dia, Unand melepas mahasiswanya sebanyak 4.564 mahasiswa untuk KKN PPM dari 15 fakultas.

Khusus untuk di Sumbar, katanya, mahasiswa KKN PPM disebar di 15 kota/kabupaten dan mereka didampingi oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) yang berkompeten.

Mahasiswa yang melaksanakan KKN PPM diharapkan bisa menyumbangkan intelektualnya di "nagari" penempatan.

Khusus untuk Solok Selatan, Unand menempatkan 544 orang mahasiswa KKN PPM yang tersebar di 21 nagari.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, mengatakan kabupaten itu memiliki sumber daya alam yang besar, terutama sektor pertanian dan perkebunan serta pertambangan.

Selain itu, katanya, Solok Selatan juga kaya dengan potensi pariwisata dengan yang sudah dikenal kawasan "Saribu Rumah Gadang".

"Kami berharap pihak Unand memberi masukan kepada daerah dalam menggali potensi SDA yang ada," ujarnya.

Baca juga: 600 mahasiswa Unand ikuti KKN tematik pencegahan stunting

Baca juga: Delapan mahasiswa Unand akan timba ilmu ke Jepang

Baca juga: Unand Tetap Terima Mahasiswa Malaysia

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019