Saksi dari mempelai pria adalah pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah).
Surabaya (ANTARA) - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dijadwalkan menjadi saksi akad nikah putri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Patimasang Mannagalli Parawansa, yang direncanakan berlangsung pada Jumat, 28 Juni 2019.

"Pak Wapres Jusuf Kalla akan menjadi saksi dari mempelai wanita," ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim Aries Agung Paewai kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (26/6).

Sedangkan, saksi dari mempelai pria adalah pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah).

Prosesi pernikahan putri gubernur dilakukan mulai hari ini, yaitu diawali Khotmil Quran dan pengajian di kediaman pribadi di kawasan Jalan Jemursari Surabaya.

Selanjutnya pada Kamis (27/6) dilaksanakan kegiatan widodaren dan siraman tradisi Jawa, lalu keesokan harinya, Jumat (28/6) siang dilaksanakan prosesi akad nikah di kediaman Khofifah.

Baca juga: Jokowi jadi saksi akad nikah putri Rais Aam PBNU

Sementara itu, puncak acara berupa resepsi pernikahan dilaksanakan di Grand City Surabaya pada Sabtu (29/6) yang terbagi menjadi dua sesi.

Sesi pagi dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB, kemudian sesi malam digelar mulai pukul 19.00 hingga 22.00 WIB.

"Dibagi dua sesi karena undangannya mencapai 5.000 orang sehingga semua undangan bisa bersalaman dengan mempelai dan antreannya tak terlalu berdesakan," ucapnya.

Pada resepsi pernikahan, kata Aries, direncanakan Presiden RI Joko Widodo juga akan hadir mengucapkan selamat secara langsung kepada kedua mempelai, namun sampai saat ini belum ada kepastian dari pihak Istana.

"Sejumlah pejabat di pemerintahan pusat, gubernur di Indonesia, Forkopimda Jatim, kolega dubes dan konjen hingga keluarga besar Muslimat dan NU akan hadir," katanya.

Putri sulung Khofifah, Patimasang Mannagalli Parawansa dipersunting Fadil Wirawan yang merupakan putra pasangan Priyanto Hadi Sasona dan Fauziyah Mansyur.

Baca juga: Presiden Jadi Saksi Utama Akad Nikah Putra Rachmawati

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019