Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangkaian acara HUT ke-492 Kota Jakarta mengusung ekonomi kreatif dan seni dengan harapan berbagai acara yang dilaksanakan dapat memajukan perekonomian di Ibu Kota, sekaligus mendekatkan warga dengan berbagai karya seni.

“Rangkaian acara ini kami hadirkan untuk seluruh warga Jakarta. Bahkan, harapannya, bisa mendatangkan turis domestik maupun mancanegara," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balaikota Jakarta, Kamis.

Dia mengajak seluruh warga Jakarta untuk ikut berpartisipasi, menikmati rangkaian acara yang telah disiapkan dan mendukung berbagai karya anak Jakarta, karya bangsa kini, sehingga ke depannya semakin memajukan perekonomian di Jakarta dengan produk-produk kreatif buatan lokal.

Adapun rangkaian acara HUT ke-492 Kota Jakarta diantaranya : rangkaian acara pertama bertajuk Live Mural Jakarta Anniversary yang berlangsung di Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Hima Rupakapala Universitas Paramadina, bekerja sama dengan iMural yang akan melukis di dinding sepanjang terowongan sisi utara (bagian kiri dari arah stasiun MRT) dengan tema Wajah Baru Jakarta.

Live Mural diadakan tanggal 17 hingga 21 Juni 2019, mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Acara ini terselanggara atas dukungan BRI Peduli.

Semasa Piknik (oleh Semasa di Kota Tua) dan Pasar Raia Keliling Volume Dua oleh Sadari Sedari). Pemprov DKI menggandeng Sadari Sedari, yang berfokus pada donasi pakaian bekas untuk pendidikan di Indonesia.

Acara ini diisi dengan Garage Sale dari sejumlah artis dan influencer Tanah Air seperti Agni Pratista, Vania Herlambang dan Alexandra Asmasoebrata.

Serta penampilan musik; gelar wicara; dan pameran instalasi lingkungan. Seluruh keuntungan akan didonasikan kepada LKSA Nurul Ihsan dan Skola Lipu di Sulawesi Tengah.

Kedua acara ini akan digelar di Lapangan Banteng pada 22-23 Juni 2019, dimulai pukul 10.00 – 18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.15 WIB.

Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta, Wajah Baru Jakarta Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta, Wajah Baru Jakarta digelar di Bundaran HI, pada 22 Juni 2019.

Acara ini memadukan unsur tradisional dan teknologi, dengan menampilkan tari tradisional, lagu dan kostum tradisional secara kolosal, serta pertunjukan video mapping, water screen, dan immersive.

Acara akan dibagi menjadi tiga babak, mulai dari Jakarta Tempo Doeloe, Jakarta Membangun, hingga Wajah Baru Jakarta. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan Pasha, Kotak, Siti Badriah, dan Wali.

Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta, Wajah Baru Jakarta akan ditayangkan secara live streaming mulai pukul 19.40 – 20.00 WIB.

Seribu Islands ‘Indie Festival’ Masyarakat di Kepulauan Seribu juga dapat merasakan euforia HUT ke-492 Kota Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta juga menggelar sebuah festival musik bertajuk Seribu Islands ‘Indie Festival’ di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, pada 22 Juni 2019.

Acara dimulai pada pukul 15.30 – 24.00 WIB. Festival ini menghadirkan sejumlah musisi indie ternama, seperti Pusakata, Danilla, Sisitipsi, dan Alviandra Project. Selain festival musik indie, pengunjung juga dapat menikmati aneka makanan dari bazar UKM Pulau Tidung.

Baca juga: Pemprov DKI mencanangkan HUT Kota Jakarta ke-492 tahun

Baca juga: Museum Sejarah Jakarta gelar teater kolosal sambut HUT DKI

Baca juga: Festival musik internasional akan meriahkan HUT Jakarta ke-492




Kemudian Jakarnaval kembali digelar untuk memeriahkan HUT ke-492 Kota Jakarta, tepatnya pada 30 Juni 2019, pukul 15.30 – 22.00 WIB.

Parade kesenian kali ini bertema Wajah Baru Jakarta, meliputi parade budaya, parade modern, parade kendaraan hias, hingga penampilan sejumlah musisi Ibu Kota, seperti Krisdayanti, Iwa K, dan Ada Band.

Peserta Jakarnaval 2019 akan terbagi menjadi dua rute. Parade dengan berjalan kaki akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, melewati depan Balaikota Jakarta, mengarah ke Jl MH. Thamrin, berputar di perempatan depan Sarinah untuk kembali ke arah Monas dan berakhir di Pintu Silang Barat Daya Monas.

Acara selanjutnya adalah Jakarta International Photo Festival (JIPFest) 2019 merupakan festival foto internasional pertama di Indonesia yang akan berlangsung pada 25 Juni - 9 Juli 2019. Acara bertema Identitas ini akan diadakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, dan beberapa ruang publik di Jakarta.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019