Jakarta (ANTARA) - Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengatakan bahwa penerapan sistem satu arah atau one way di Tol Trans Jawa pada Sabtu 1 Juni 2019 akan dimulai pukul 06:00 hingga pukul 21.00 WIB.

Dari siaran pers Korlantas yang diterima Antara, Jumat, menyebutkan sistem one way menjadi prioritas Korlantas Polri untuk menjaga kenyamanan dan kelancaran dalam perjalanan mudik 2019.

"Dari pukul 06.00 hingga pukul 21.00 atau bisa diperpanjang waktunya melihat situasi di lapangan," Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri.

Menurut dia, sejak diberlakukan one way di ruas Tol Cikampek, kondisi lalu lintas yakni di ruas tol kilometer 70 hingga kilometer 263 terpantau lancar.

"Kami juga sudah bertanya kepada beberapa pengendara, respon mereka sangat berterima kasih dengan kebijakan ini. Dan sampai saat ini tidak ada persoalan yang berarti," kata Refdi.

Pihaknya pun mengimbau para pemudik untuk memanfaatkan waktu mudiknya saat pemberlakuan sistem one way berlangsung. "Dengan begitu perjalanan mudik akan lebih terasa nyaman dan lancar," katanya.

Meski demikian, kecepatan kendaraan saat diberlakukan one way harus dibatasi demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Refdi mengimbau pengemudik kendaraan yang bergerak di jalur A agar memacu kendaraannya minimal 60 kilometer per jam hingga maksimal 100 kilometer per jam.

Sementara pemudik yang bergerak di jalur B diimbau mengemudi dengan kecepatan minimal 40 kilometer per jam hingga maksimal 80 kilometer per jam.

Jalur A adalah jalur normal yang dilewati untuk kendaraan yang menuju arah timur atau Brebes Barat. Sementara jalur B adalah jalur sebaliknya yang biasa digunakan untuk menuju ke arah Jakarta.

Sistem satu arah atau one way telah dimulai sejak 30 Mei hingga 2 Juni 2019 yang diberlakukan mulai kilometer 70 Cikampek Utama hingga kilometer 263 Brebes Barat.

Sementara untuk musim arus balik pada 8 Juni sampai dengan 10 Juni 2019, sistem one way mengarah ke Jakarta diberlakukan mulai kilometer 263 Brebes Barat menuju kilometer 70 Cikampek Utama.

"Mudah-mudahan masyarakat paham dan dapat memanfaatkan kebijakan dan fasilitas yang disediakan agar mendapat kenyamanan dan pastinya hepi saat mudik pada tahun 2019 ini," kata mantan Karoprovos Divpropam Polri ini. 


Baca juga: "One way" di tol dimulai pukul 06.00 hari ini
Baca juga: 32.000 kendaraan pemudik tinggalkan Jakarta hari ini

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019