Makanya perlu adanya sinergi antara kita semua termasuk media massa dalam menciptakan keamanan dan kedamaian di Kalbar
Pontianak (ANTARA) - Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono menyatakan media massa, baik cetak, elektronik dan online juga ikut membantu dan memiliki peran dalam menciptakan keamanan serta kedamaian di bumi Khatulistiwa, Kalbar.

"Makanya perlu adanya sinergi antara kita semua termasuk media massa dalam menciptakan keamanan dan kedamaian di Kalbar," kata Didi Haryono di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan, informasi-informasi yang disampaikan oleh teman-teman media kepada masyarakat itu, baik yang sifatnya edukatif maupun informatif dalam rangka membangun Kalbar lebih maju lagi.

Dukungan media itu juga sangat berpengaruh terhadap hasil penilaian kondisi keamanan dan kedamaian di Kalbar. Di tahun 2018 Kalbar telah mendapat predikat pertama kinerja yang baik dalam mengelola kerukunan umat beragama dan etnis, katanya.

"Di tahun 2019 ini juga kami juga mendapat predikat pertama kinerja yang baik dalam pengelolaan kerukunan umat beragama. Predikat ini diterima oleh Ketua FKUB Kalbar, bapak Ismail Rustam dari pimpinan pusat yang diserahkan oleh Menteri Agama di Jakarta," kata Kapolda Kalbar.

Menurutnya, raihan prestasi ini tidaklah gampang. Hasil ini tentunya kerja keras dan kerja sama semua pihak termasuk media masa.

"Kami selalu menyampaikan bahwa aman itu merupakan kebutuhan hakiki. Hakekat aman itu adalah kebutuhan hakiki bagi kita semua hingga terciptalah keamanan dan kedamaian di Kalbar ini," ujarnya.

Selain itu, ujarnya, Kota Singkawang di tahun 2019 juga mendapat predikat sebagai peringkat pertama Kota tertoleransi se-Indonesia, yang diikuti Salatiga, Jawa Tengah dan kemudian Pematang Siantar, Sumatera Utara.

"Ini harus kita kelola bersama dan jaga benar-benar dari aspek keamanan antarkerukunan umat beragama dan etnis dalam kebersamaan dan kerukunan. Saya yakin bila semua pihak dapat bersinergi maka kita semua berani menjamin Kalbar aman.

Aman untuk membangun, untuk mensejahterakan masyarakat dan aman pula untuk berinvestasi, katanya.

Baca juga: Kapolda Kalbar bersama Pangdam Tanjungpura pimpin Operasi Ketupat
Baca juga: Kapolda Kalbar ajak warga menjaga Kamtibmas usai Pemilu
Baca juga: Kapolda Kalbar ajak masyarakat tidak terpengaruh hoaks

Pewarta: Slamet Ardiansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019