Jakarta (ANTARA) -
Wakil Presiden Jusuf Kalla mengundang sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kediaman Dinas Wapres di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis malam, untuk membahas kondisi terkini.

Pertemuan dimulai pukul 20.30 WIB dengan dihadiri mantan Wapres Tri Sutrisno, Mahfud MD, Din Syamsudin, Komaruddin Hidayat, Bambang Hendarso Danuri, Abdul Mukti, Sofyan Djalil, Amirsyah Tambunan, Syafruddin, Agus Wijoyo, dan Anies Baswedan.

Sebelumnya, Wapres JK mengatakan perlunya pertemuan dengan para tokoh bangsa untuk menenangkan ketegangan pascapenetapan hasil Pilpres 2019.

“Ya secepatnya saya lagi usahakan untuk ada pertemuan dengan tokoh-tokoh. Belum ketemu dengan (Prabowo), ya sedang diusahakan pokoknya,” kata Wapres JK kepada wartawan di Kantor Wapres Jakarta, Rabu (22/5).

Sebagai representasi dari pemerintah, JK mengatakan siap untuk membuka dialog dengan para elit politik yang terlibat dalam Pilpres 2019. Tujuannya ialah untuk menciptakan kedamaian dan ketenangan kondisi negara.

“Saya tentu, Pemerintah tentu siap untuk berbicara, berdialog dengan semua tokoh karena tujuannya kita sama, untuk kedamaian, kemakmuran dan semua harus ada prosedurnya,” katanya.

Wapres JK meminta semua pihak untuk tenang sehingga situasi di Jakarta dapat kondusif. Apabila aksi massa semakin tidak terkendali, lanjut JK, maka bisa terjadi krisis ekonomi dan politik seperti pada 1998.
 

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019