Pekanbaru (ANTARA) - Lima Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Pekanbaru, Riau disiagakan 24 jam selama libur Lebaran 2019 untuk melayani masyarakat jika mengalami gangguan kesehatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, di Pekanbaru, Rabu, menyebutkan Ibu Kota Provinsi Riau ini sebenarnya memiliki 21 Puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan.

Kelima Puskesmas itu yakni Puskesmas Karya Wanita, Puskesmas Pekanbaru Kota, Puskesmas Sidomulyo, Puskesmas Simpang Tiga, dan Puskesmas Muara Fajar.

"Para petugas siap memberikan layanan kesehatan masyarakat saat memasuki libur lebaran. Jadi petugas kita bakal siaga di sana selama 24 jam," kata Indra Pomi.

Dia menyebut para petugas kesehatan nantinya akan bergantian bertugas saat melayani masyarakat yang butuh layanan kesehatan. "Masyarakat nantinya bisa mengakses layanan di IGD," lanjutnya.

Indra mengatakan bahwa keberadaan layanan kesehatan ini bisa mempermudah masyarakat karena mereka tetap bisa memperoleh layanan kesehatan di Puskesmas meski sedang libur Lebaran.

Sebelumnya, masyarakat diimbau untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa atau sesudahnya. Pada umumnya masyarakat akan menyantap menu beraneka macam saat berbuka puasa sehingga saat Lebaran dikhawatirkan akan mengalami gangguan kesehatan.

Sebelumnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) setempat bersama instansi terkait gencar melakukan inspeksi mendadak di sejumlah Pasar Ramadhan guna mematiskan aneka panganan dan minuman yang dijual tidak mengandung zat kimia berbahaya bagi kesehatan.

Hal itu dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat sebagai konsumen tidak mengalami gangguan kesehatan setelah bulan puasa dan seterusnya.

Pewarta: Riski Maruto
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019