Persiapan Ramadhan kami fokus tempat ibadah dan tempat wisata karena wilayah Lebak mempunyai 10 destinasi wisata favorit di Banten
Lebak, Banten (ANTARA) - Tempat-tempat wisata yang sebagian besar berupa pantai di Kabupaten Lebak serta Pandeglang, Banten, menjadi fokus pengamanan kepolisian menjelang libur Lebaran.

"Persiapan Ramadhan kami fokus tempat ibadah dan tempat wisata karena wilayah Lebak mempunyai 10 destinasi wisata favorit di Banten," ujar Wakapolres Lebak Kompol Wendy Andrianto kepada wartawan di Lebak, Banten, Kamis (16/5).

Tempat wisata yang populer di Lebak antara lain Pantai Pasir Putih Sawarna, Pantai Karang Songsong, Pantai Bagedur, Desa Adat Baduy serta pemandian air panas.

Untuk pengamanan tempat-tempat wisata tersebut personel yang diturunkan sebanyak 200 orang, termasuk untuk membantu pencarian dan penyelamatan (SAR).

Secara terpisah, Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lukito mengatakan hal senada, dalam Operasi Ketupat 2019 di Pandeglang yang menjadi fokus pengamanan adalah lokasi-lokasi wisata.

"Kami tempat wisata menjadi prioritas, ada Pantai Carita, Tanjung Lesung. Meskipun kami tidak tahu tahun ini wisata seperti apa setelah terkena tsunami," ujar Indra Lukito.

Menurut dia, setelah terjadi tsunami pada akhir Desember 2018 dan Kabupaten Pandeglang terdampak paling parah, wisatawan berkunjung masih banyak, meski nampak berkurang.

Untuk pengamanan lokasi-lokasi wisata di Pandeglang, sebanyak 300 personel akan diterjunkan.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan sektor wisata di Provinsi Banten, khususnya wisata pantai, mulai menggeliat pascastunami, yang tercermin dari Tingkat Penghunian Kamar (TPK) di sejumlah hotel berbintang, yang mulai dipenuhi wisatawan domestik.

Dinas Pariwisata Banten pun terus mengampanyekan wisata Pantai Anyer dan pantai sekitarnya aman untuk dikunjungi wisatawan.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019