Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menerima kunjungan kehormatan dari Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti di Istana Wapres, Jakarta, Selasa.

Kedua wapres itu melakukan pertemuan tertutup membahas upaya peningkatan kerja sama kedua negara.

Usai pertemuan, Jusuf Kalla mengatakan bahwa pertemuan bilateral dengan Wapres Argentina dan Menteri Perdagangan Argentina) membicarakan peningkatan hubungan perdagangan.

"Selama ini hubungan perdagangan Indonesia mencapai 2 miliar dolar AS dan kita masih defisit karena masih membeli hasil pertanian dari Argentina," kata Wapres Jusuf Kalla.

Untuk mengatasi defisit hubungan dagang tersebut, Wapres RI mengatakan bahwa Indonesia akan meningkatkan nilai ekspor ke Argentina yang pembahasannya akan dilakukan oleh masing-masing menteri perdagangan.

"Beberapa hal dibahas bersama, akan di-follow up dengan pertemuan menteri. Investasi juga ditingkatkan dua negara, intinya bagaimana meningkatkan ekspor dan impor kedua negara," tambah JK.

Peluang kerja sama yang akan dijajaki oleh Argentina di Indonesia, kata Michetti, antara lain di bidang industri pertanian, industri pangan, dan pembangunan infrastruktur.

"Banyak pengusaha Argentina yang tertarik untuk menanamkan modal di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia," kata Michetti.

Bagi Indonesia, Argentina merupakan mitra dagang terbesar kedua di wilayah Amerika Selatan.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019