Kami berharap program ini berkelanjutan dan dapat berdampak positif bagi masyarakat, khususnya untuk para lansia agar selalu menjaga kesehatan dan peduli terhadap lingkungan
Medan (ANTARA) - Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Medan (Unimed) berusaha meningkatkan kesehatan dan peduli terhadap lingkungan bagi ibu-ibu yang sudah lanjut usia, di Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Ketua Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMM) Unimed, Annisa Hasri, di Medan, Kamis, mengatakan program kesehatan yang dilakukan terhadap lanjut usia (lansia) itu, yakni pemeriksaan tensi, gula darah, kadar kolesterol dan menimbang berat badan.

Selain itu, menurut dia, melaksanakan senam otak, "tai chi", kebugaran, ceria, "gemu fa mi re", dan mengenalkan jenis manfaat menanam, serta mengolah tumbuhan apotek hidup.

"Kemudian lomba menggambar, mewarnai, menjahit, membuat mal tas, melukis, menyulam dan membuat kerajinan tangan," ujar Annisa.

Ia menyebutkan, tujuan dari kegiatan ini membentuk masa depan lansia yang sehat dengan melaksanakan program senam sehat.

Selain itu,meningkatkan kreativitas lansia, menambah wawasan lansia dengan melakukan program pembinaan pertumbuhan dan mengedukasi masa depan lansia.

"Hal itu dilakukan dalam rangka melaksanakan PKMM di masyarakat," katanya.

Annisa menambahkan, kegiatan tersebut tidak hanya sebatas program PKMM saja, tetapi harus berlanjut dan dapat dipraktikkan secara mandiri oleh para ibu lansia.

"Kami berharap program ini berkelanjutan dan dapat berdampak positif bagi masyarakat, khususnya untuk para lansia agar selalu menjaga kesehatan dan peduli terhadap lingkungan," katanya.

Salah seorang lansia, Ibu Lis (60) mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa Unimed.

Kegiatan tersebut, menurut dia, sangat bermanfaat bagi lansia. Selain mengisi waktu luang, kegiatan ini juga mengingatkan agar menjaga kesehatan, melatih daya ingat dan menambah ketrampilan.

"Kami juga senang bisa berkumpul bersama dan saling ngobrol," kata Lis.

Baca juga: UNJ-UNIMED Jalin Kerjasama Pendidikan Doktor

Baca juga: AS gandeng Unimed-IAIN majukan pendidikan Sumut

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019