Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Salemba Jakarta Pusat pada hari pelaksaan pemilu untuk memonitor Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di dalam Rutan.

"Alhamdulillah tadi saya melihat didampingi Karutan bahwa di tempat ini hak-hak warga negara untuk terlibat dalam proses pemilihan umum termasuk pilpres dihargai betul," kata Anies usai meninjau Rutan Salemba, Rabu.

Gubernur DKI Jakarta itu juga memuji pelaksanaan pemilu di rutan yang tertib dan
tingkat partisipasi yang mencapai 100 persen.

Dia mengatakan kunjungannya adalah dalam rangka untuk memastikan semua warga negara bisa menggunakan hak politiknya.

"Jadi kita ingin hari ini melihat dan memastikan bahwa tidak ada warga negara yang dalam kondisi apapun dimana hak politiknya masih dimiliki namun tidak bisa melaksanakan haknya," pungkas Anies.

Seperti yang diberitakan sebelumnnya, Anies melakukan pencoblosan di TPS 60 Cilandak Barat, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Anies datang ke TPS dengan berjalan kaki sambil mendorong ibunya, Aliyah Rasyid yang duduk di kursi roda dengan didampingi oleh Fery Farhati dan kedua anaknya Mikail Azizi Baswedan dan Mutiara Annisa Baswedan.

Saat melakukan pencoblosan, Anies dan keluarga mengenakan pakaian serba putih, namun dia mengatakan hal itu tidak mempunyai makna khusus dan menggunakan pakaian putih saat datang ke TPS sudah dia lakukan sejak Pilkada Jakarta.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019