... masyarakat diimbau tetap tenang, dapat kembali ke tempat tinggal masing-masing, namun tetap waspada dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya...
Kendari (ANTARA) - Getaran gempa yang terjadi di Sulawesi Tengah dengan kekuatan 6,9 pada skala Richter (SR), Jumat petang, juga dirasakan masyarakat di Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan laporan dari BMKG, getaran gempa di Banggai, suatu kepulauan di Sulawesi Tengah itu dirasakan di wilayah Sulawesi Tenggara, di antaranya Kendari, Konawe Kepulauan, Konawe, Konawe Utara, Kolaka, dan Kolaka Utara.

Dalam laporan resmi BMKG, dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat dirasakan di Poso, Buol, Morowali, Banggai, dan Palu, dengan intensitas guncangan skala IV Modified Mercalli Intensity (MMI)

Di Kolaka Utara dan Toli-toli dengan intensitas guncangan skala III-IV MMI, di Sumalata, Kotamobagu, Palopo, Kolaka, Makassar, dan Kepulauan Konawe, dengan intensitas guncangan III MMI.

Di Gorontalo dan Kendari, II-III MMI. Di Manado, Pinrang dan Konawe, II MMI.

"Saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa Bumi itu," kata Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia.

Hingga pukul 22.00 WITA, hasil pemantauan BMKG menunjukkan terjadi aktivitas gempa Bumi susulan (aftershock) hingga 20 kali dengan kekuatan paling besar M=5,6 sampai M=3,4.

"Kepada masyarakat diimbau tetap tenang, dapat kembali ke tempat tinggal masing-masing, namun tetap waspada dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019