Tapi sehebat apapun program yang kita buat, sehebat apapun dokumen itu, kalau hati pemimpin jarang bertemu, jarang duduk bersama, hubungannya terlampau formal, kita tidak akan mencapai apa-apa untuk NTB yang Gemilang
Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat H Zulkieflimansyah berharap ke depan harus ada forum kepala daerah sebagai wadah untuk saling bertemu dan silaturahmi dalam mewujudkan NTB Gemilang pada tahun 2019-2023.

"Muara dari semua program ada di kepemimpinan. Strategi yang menarik bukan pada seberapa bagusnya dokumen, namun kunci sukses adanya kerendahan hati dan kesediaan hati para pemimpin untuk saling bertemu," kata gubernur dalam acara pembukaan Forum Pimpinan Daerah dan Forum Perangkat Daerah, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi NTB tahun 2020 di Mataram, Senin.

Ia menilai, jika pemimpin-pemimpin sering bertemu tidak ada program yang sulit, karena tidak hal yang baru di bawah matahari.

"Tapi sehebat apapun program yang kita buat, sehebat apapun dokumen itu, kalau hati pemimpin jarang bertemu, jarang duduk bersama, hubungannya terlampau formal, kita tidak akan mencapai apa-apa untuk NTB yang Gemilang," katanya.

Untuk itu, di hadapan para kepala daerah se-NTB, Doktor Zul -- panggilan karib Zulkieflimansyah -- menyampaikan ke depan harus ada forum kepala daerah sebagai wadah untuk saling bertemu.

Karena dia meyakini dengan adanya silaturrahim yang intensif, maka Insya Allah tidak akan sulit apapun yang diinginkan.

"NTB bukan hanya akan Allah SWT hadirkan maghfirahnya, tapi juga Allah SWT akan menghadirkan berkahnya," ujar Zulkieflimansyah.

Karena itu, lanjut gubernur saat memaparkan visi membangun NTB Gemilang dan enam misi dalam mewujudkan NTB Gemilang pada tahun 2019-2023, NTB ke depan harus terukur dalam mewujudkan NTB Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur.

"Kalimat yang indah itu mengandung makna bukan saja tujuan pembangunan kita akan tercapai, tapi kita menginginkan NTB ini sebagai satu area yang Allah SWT hadirkan magfirahnya buat kita semua," katanya. 

Baca juga: Gubernur NTB resmikan Balai Latihan Kerja Luar Negeri

Baca juga: Lima kabupaten-kota di NTB didorong menjadi daerah layak pemuda

Baca juga: 193 pejabat Pemprov NTB dimutasi


Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019