Sesuai karakteristik AMMDes, unit yang dikirim ke Sulawesi Tengah juga dilengkapi Power Take Off (PTO) yang mampu menggerakkan alat produksi serta utilitas dan alat bantu kerja lain sehingga dapat dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian menyerahkan lima Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang dilengkapi aplikasi penjernih air untuk mendukung revitalisasi pascabencana di Sulawesi Tengah.

Kelima AMMDes tersebut didistribusikan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Nadoli, bersama Masagena dan Kelompok Bahari 88 dari tiga wilayah terdampak gempa di Sulawesi Tengah, yakni Palu, Donggala, dan Sigi.

“Sesuai karakteristik AMMDes, unit yang dikirim ke Sulawesi Tengah juga dilengkapi Power Take Off (PTO) yang mampu menggerakkan alat produksi serta utilitas dan alat bantu kerja lain sehingga dapat dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto lewat keterangannya di Jakarta, Kamis.

AMMDes merupakan hasil pengembangan anak bangsa dengan jumlah komponen lokal mencapai hampir 90 persen dengan melibatkan IKM, sebagai vendor komponennya hingga 42 persen.

Saat ini, AMMDes terus dikembangkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan produksi masyarakat.

“Setelah kami mengirimkan lima prototipe AMMDes penjernih air ke Palu untuk duiji coba, ternyata respons masyarakat di sana sangat luar biasa karena merasa terbantu,” imbuhnya.

Direktur Jenderal Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto menerangkan, AMMDes penjernih air juga memberikan peluang bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan yang cukup.

“Sebelumnya, kami melaksanakan bimbingan teknis kepada kelompok masyarakat penerima bantuan AMMDes penjernih air mengenai teknis pengoperasian selama 1-2 bulan,” terangnya.

Kemenperin juga membangun sebanyak 24 rumah produksi Industri Kecil dan Menengah di lingkungan Hunian Sementera (Huntara). Saat ini, 18 di antaranya telah diserahkan kepada pelaku IKM dan 6 lainnya dalam tahap pembangunan.

“Tak hanya itu, Kemenperin juga memberikan 29 peralatan produksi IKM,” sebutnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan dari beberapa perusahaan industri kepada Pemprov Sulawesi Tengah, antara lain dari Asosiasi Industri Pengguna Garam Indonesia (AIPGI), Pupuk Kujang, Petrokimia Gresik, Semen Tonasa, dan Semen Indonesia.

Selain itu, bantuan juga diberikan oleh Sanwa Tirta Indonesia kepada SD Inpres Perumnas Kota Palu dan Masjid Al-Ikhlas.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019