Medan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara berkoordinasi dengan Polda Sumut terkait persiapan pelaksanaan pemilu 17 April mendatang terutama dalam hal pengamanan dalam setiap tahapan menjelang berlangsungnya pesta demokrasi tersebut.

Ketua KPU Sumut Yulhasni di Medan, Selasa, mengatakan, tahapan demi tahapan menjelang pelaksanaan pemilu terus dilakukan terutama baik oleh KPU Sumut maupun KPU kabupaten dan kota, baik dalam hal sosialisasi, maupun pendistribusian logistik.

Untuk itu pihaknya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polda Sumut atas kerja samanya sehingga saat ini KPU bisa melewati tahapan-tahapan pemilu dengan baik.

"Kami berharap kerja sama dan koordinasi dengan Kapolda beserta jajaran dapat terus terjalin hingga selesainya penyelenggaraan pesta demokrasi ini," katanya.

Sementara Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto mengatakan pihaknya siap mendukung KPU Sumut dalam mensukseskan pemilu baik dari segi keamanan maupun dalam bentuk koordinasi terkait tahapan pemilu.

"Kami menyambut baik kedatangan KPU Sumut di Polda Sumut terkait saling koordinasi agar pemilu nantinya berjalan dengan baik," katanya.

Ia juga menyarankan jadwal dan tempat kampanye agar dapat dibedakan untuk mengantisipasi konflik antarsimpatisan yang berpotensi menimbulkan gesekan.

KPU dan Bawaslu di kabupaten/kota juga diharapkan agar terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk menanggulangi tempat ibadah dijadikan lokasi kampanye.

Dengan terciptanya kerja sama antara Polda Sumut, KPU, dan Bawaslu serta seluruh lapisan masyarakat kiranya dapat mensukseskan pemilu 2019 ini.

"Polda juga mengupayakan penambahan bawah kendali operasi (BKO) personel ke Polres Nias Selatan untuk memperkuat pengamanan," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019