Tujuan bantuan ini, supaya rumah tangga miskin bisa meningkat kehidupannya, dan diharapkan bisa terbebas dari daftar rumah tangga miskin
Malang (ANTARA) - Program Bedah Kemiskinan Paket Sejahtera (Bekerja) yang digagas Kementerian Pertanian (Kementan) diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan, khususnya bagi rumah tangga miskin berbasis pertanian di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Nurcahyo mengatakan bahwa pada 2019, Kabupaten Malang akan mendapatkan bantuan Program Bekerja Kementerian Pertanian untuk 5.229 rumah tangga miskin.

"Tujuan bantuan ini, supaya rumah tangga miskin bisa meningkat kehidupannya, dan diharapkan bisa terbebas dari daftar rumah tangga miskin," kata Nurcahyo di Pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa.

Khusus untuk wilayah Kabupaten Malang, bantuan yang akan disalurkan tersebut adalah sebanyak 50 ekor ayam untuk tiap rumah tangga miskin, termasuk 150 kilogram pakan, paket vitamin dan disinfektan, serta bantuan biaya pembuatan kandang sebesar Rp500.000.

Nurcahyo menjelaskan, nantinya, para penerima bantuan tersebut akan mengembangkan bantuan yang didapatkannya. Dalam arti, ayam-ayam tersebut akan diternakkan, supaya bisa menjadi tulang punggung perekonomian penerima bantuan tersebut.

"Mudah-mudahan, setelah Lebaran nanti sudah didistribusikan. Bantuan itu akan dikembangkan oleh penerima, kami akan lakukan pembinaan," kata Nurcahyo.

Tercatat, total bantuan yang akan digelontorkan oleh Kementerian Pertanian tersebut mencakup tiga kecamatan di Kabupaten Malang, yakni Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Gondanglegi, dan Kecamatan Pagelaran. Dalam waktu dekat, akan dilakukan verifikasi data bagi calon penerima bantuan.

Verifikasi data tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Sosial Nomor 57 Tahun 2017 Tentang Mekanisme Penggunaan Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin. Hal tersebut dilakukan supaya penyaluran bantuan tersebut tepat sasaran.

Dalam waktu dekat, akan dilakukan sosialisasi terhadap rumah tangga miskin yang ada di Kabupaten Malang, dan dilanjutkan dengan penetapan jumlah rumah tangga miskin, proses pengadaan paket bantuan oleh Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa Kementerian Pertanian.

Diharapkan, pada Juli 2019, paket bantuan tersebut sudah bisa disalurakan kepada warga di tiga kecamatan di Kabupaten Malang tersebut.

Baca juga: Kementan siapkan bantuan untuk rumah tangga miskin Kabupaten Malang

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019