Di Kota Kupang-NTT seluruh puskesmas sudah terakreditasi

id semua puskesmas NTT,terakreditasi

Mengurangi Angka Kematian Ibu Sejumlah ibu hamil mengikuti pelatihan kesehatan ibu hamil di Puskesmas Siso, Timor Tengah Selatan, NTT, Rabu (3/5/2017). Untuk mengurangi angka kematian ibu saat melahirkan, Kementerian Kesehatan menghimbau warga NTT khususnya yang berada di pedesaan agar melakukan persalinan dan pemeriksaan kandungan di tempat yang memiliki tenaga profesional seperti di Puskesmas. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Kupang, (ANTARA News) - Sebanyak 11 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur dinyatakan lolos akreditasi karena dinilai telah memenuhi syarat menjadi puskesmas bersertifikat akreditasi.

"Kami sudah menerima hasil penilaian dari tim surveyor Kementerian Kesehatan yang menyatakan bahwa 11 puskesmas di Kota Kupang dinyatakan 100 persen lolos akreditasi, sekalipun dengan kualifikasi yang berbeda," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Ari Wijana ketika dihubungi Antara di Kupang, Jumat.

Ari menjelaskan hal itu terkait hasil akreditasi puskesmas di Kota Kupang yang dilakukan tim surveyor dari Kementerian Kesehatan.

Akreditasi puskesmas di Kota Kupang dilakukan sesuai Peraturan Kementerian Kesehatan RI Nomor 46 tahun 2015 tentang akreditasi Puskesmas dan layanan kesehatan terdiri atas empat strata yaitu strata dasar, strata madya, strata mandiri dan paripurna yang disesuaikan dengan ketersediaan dan kelengkapan sarana dan prasarana pendukung pelayanan kesehatan di Puskesmas setempat. 

Ari menjelaskan berdasarkan penilaian tim surveyor ada dua puskesmas yang lolos dengan akreditasi dasar yaitu Puskesmas Penfui dan Puskesmas Alak.

"Kami harapkan pelayanan di dua puskesmas ini dapat ditingkatkan lagi guna memenuhi standarisasi layanan untuk bisa naik menjadi akreditasi madya," katanya.

Selain itu, menurut dia, ada enam puskesmas di Kota Kupang yang lolos dengan akreditasi madya diantaranya Puskesmas Kota, Manutapen, Oepoi, Oesapa.

Sementara tiga puskesmas meraih predikat akreditasi utama yaitu Puskesmas Sikumana, Bakunase dan Pasir Panjang.

"Kami berharap tiga puskesmas ini bisa meningkatkan lagi mutu pelayanan dan sistem manajemennya agar memperoleh akreditasi paripurna," tegas Ari.

Menurut Ari, Dinas Kesehatan Kota Kupang akan berupaya untuk melengkapi berbagai sarana dan prasarana yang kurang di 11 Puskesmas secara bertahap.

"Ada rekomendasi tim surveyor yang perlu dilengkapi sehingga akan dilakukan pembenahan secara bertahap agar?mutu pelayanan semua puskesmas di Kota Kupang menjadi lebih berkualitas," kata Ari.

Baca juga: Dua Puskesmas Kupang dilengkapi fasilitas pengolahan limbah

Pewarta : Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar