Jakarta (ANTARA News) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali membuka tiga rute baru untuk layanan Jak Lingko dengan 72 unit bus kecil operasi.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Transjakarta, Nadia Diposanjoyo dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan rute Rawa Sengon - Rawa Mangun (JAK59) mulai melayani masyarakat pada Kamis (21/2) dengan 24 unit bus kecil.

Dilanjutkan rute Pulo Gadung - Cempaka Putih (JAK 61) yang akan beroperasi 24 unit bus kecil pada Jumat (22/2). Setelah itu layanan Lebak Bulus - Ragunan (JAK45) pada Selasa (26/2).

"Pembukaan rute ini menambah layanan Jak Lingko menjadi 34," kata Nadia.

Untuk layanan Jak Lingko rute Lebak Bulus - Ragunan (JAK45), tambah Nadia, terintegrasi dengan moda transportasi, MRT Jakarta.

"Ketika MRT Jakarta beroperasi komersial, Transjakarta berekspansi dengan membuka rute penghubung dengan stasiun MRT," katanya.

Program integrasi transportasi antarmoda Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jak Lingko, telah memiliki sejumlah layanan, yakni Tanjung Priok-Plumpang, Tanah Abang-Kota dan Tanah Abang-Kebayoran Lama.

Kemudian Tanah Abang-Pos Pengumben-Kebayoran Lama, Tanah Abang-Meruya, Tanah Abang-Tawakal, Tanjung Priok-Bulak Turi, PGC-Condet, Pulogadung-Senen, Pulogadung-Terminal Senen via Kelapa Gading, Stasiun Duren Kalibata-Kuningan, Pinang Ranti-Setu dan Kampung Melayu-Duren Sawit.

Lubang Buaya-Cawang UKI, PGC-Dwikora, Penas Kalimalang-Dwikora, Kalisari-Pasar Rebo, Duren Sawit-Rawamangun, Rorotan-Pulogebang, Pasar Rebo-Wiladatika dan Tanjung Priok-Rusun Sukapura.

Selanjutnya Lebak Bulus-Pondok Labu, Citraland-Meruya, Pondok Labu-Blok M, Petukangan-Lebak Bulus, Pulogadung-Kota, Grogol-Tubagus Angke, Semper-Rorotan, Taman Kota-Budi Luhur dan Kampung Rambutan-Pondok Gede.

Baca juga: "Joint Venture" Jak Lingko tunggu pergub
Baca juga: Transjakarta akan tambah armada kecil untuk perluas Jak Lingko

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019