Perkara Bahar Smith dilimpahkan ke PN Bandung

id bahar bin smith

Arsip Tersangka kasus penganiayaan anak di bawah umur Bahar Bin Smith berjalan setelah pelimpahan tahap dua dari pihak kepolisian kepada pihak kejaksaan di Kejaksaan Negeri Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin (4/2/2019). Polres Bogor dan Polda Jawa Barat menyatakan berkas Bahar Bin Smith telah lengkap atau P21. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Bandung (ANTARA News) - Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan Kejaksaan Negeri Cibinong menyerahkan sejumlah berkas terkait perkara dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh Habib Bahar bin Smith terhadap dua orang santri, ke Pengadilan Negeri Bandung, Selasa.

Kasipenkum Kejati Jabar Abdul Muis Ali mengatakan selain Habib Bahar ada tersangka lain yang merupakan anak buah Habib Bahar yang berkasnya juga telah diserahkan.

"Pada hari ini sudah dilakukan pelimpahan. Ada tiga berkas yang dilimpahkan secara terpisah," katanya.

Dia menyebutkan sejumlah berkas perkara itu atas nama Habib Bahar bin Smith, Agil Yahya alias Habib Agil bin Faruq Al Yahya dan Muhammad Abdul Basith Iskandar.

Ketiga tersangka tersebut diduga telah melakukan penganiayaan kepada dua orang santri dengan inisial MZ dan CAJ di sebuah pesantren Kampung Kemang, Bogor.

Setelah menyerahkan berkas tersebut, ia menyebutkan proses persidangan akan segera dilaksanakan.

Namun untuk penjadwalan persidangan ia masih akan menunggu hasil analisa dari PN Bandung.

"Penetapan jadwal menunggu penetapan dari pengadilan. Satu minggu ke depan kemungkinan akan dimulai," katanya.

Sebelumnya Bahar telah ditetapkan sebagai tersangka pada Desember 2018 dan ditahan oleh Polda Jabar.

Kepolisian telah menjerat Bahar dengan pasal berlapis yakni pasal 170 ayat (2), pasal 351 ayat (2), pasal 333 ayat (2), dan pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Mahkamah Agung telah menyetujui pemindahan perkara tersebut yang awalnya digelar di PN Cibinong, Bogor.

Pewarta : Ajat Sudrajat
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar