Alhamdulillah lancar tidak ada kendala, hanya ada beberapa calon haji yang tidak bisa hadir sesuai jadwal, maka bagi yang tidak hadir disarankan segera melapor ke petugas
Purwokerto, Jateng (ANTARA News) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, menyatakan, sebanyak 150 calon haji asal wilayah tersebut telah mengurus paspor untuk persiapan keberangkatan ke Tanah Suci di Arab Saudi.

"Sebanyak 150 calon haji dari Kecamatan Purwokerto Barat, Timur dan Utara telah mengurus pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Cilacap," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas, Imam Hidayat melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Purwanto Hendro Puspito di Purwokerto, Senin.

Dia mengatakan, proses pembuatan paspor haji tahap pertama terlaksana dengan lancar dan tanpa kendala, meskipun ada beberapa calon haji yang tidak hadir.

"Alhamdulillah lancar tidak ada kendala, hanya ada beberapa calon haji yang tidak bisa hadir sesuai jadwal, maka bagi yang tidak hadir disarankan segera melapor ke petugas," katanya.

Dia mengatakan, jadwal pembuatan paspor calon haji asal wilayah setempat dilaksanakan mulai 18 hingga 27 Februari 2019.

Dia menjelaskan, ada sekitar sembilan jadwal keberangkatan pembuatan paspor haji.

"Kami telah menyusun jadwal per kecamatan, misalkan Kecamatan Purwokerto Barat, Timur, dan Utara, dilakukan pada 18 Februari 2019," katanya.

Kemudian, Kecamatan Purwokerto Selatan, Patikraja, dan Karanglewas pada 19 Februari 2019.

Bagi calon haji yang sudah memiliki paspor yang berlaku, menurut dia, minimal masa berlakunya sampai 30 Februari 2020.

Sebelumnya, Kantor Kemenag Banyumas menginformasikan bahwa jumlah calon haji pada 2019 di wilayah setempat sebanyak 1.177 orang dan sudah mempunyai paspor 135 orang.

Dia menjelaskan, 1.147 calon haji noncadangan berada di porsi aman Provinsi Jawa Tengah, yang berarti nomor antrean calon haji yang tercantum di Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) sudah mendapat nomor porsi.

"Porsi aman berarti nomor antrian calon haji yang tercantum pada Siskohat saat mendaftar haji pada setoran awal Rp25 juta di BPS BPIH mendapat nomor porsi yang Insya Allah pada 2019 akan berangkat sesuai alokasi kuota Provinsi Jawa Tengah," katanya.

Baca juga: Jumlah calon haji Banyumas-Jateng tahun 2019 capai 1.177 orang

Baca juga: Pembuatan paspor tahap dua untuk calon haji Banyumas April

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019