Karawang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyediakan anggaran sekitar Rp13 miliar untuk membangun sarana sanitasi berupa toilet dan sarana mandi, cuci dan kakus (MCK) di sekolah-sekolah dasar.

"Sasaran program pembangunn MCK pada tahun ini, yakni  sekolah-sekolah," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman setempat Ramon Wibawa Laksana di Karawang, Senin.

Ia mengatakan, anggaran sekitar Rp13 miliar untuk pembangunan sarana MCK di sekolah-sekolah tersebut sudah teralokasikan dalam APBD 2019. "Targetnya, kami membangun sekitar 100 sarana MCK di sekolah-sekolah sekitar Karawang." 

Menurut dia, untuk teknis rencana pembangunan sarana MCK tersebut akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang.

"Jadi pihak sekolah yang ingin sarana MCK-nya diperbaiki bisa berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang karena dinas itu yang menentukan MCK dari sekolah mana yang perlu dibangun," katanya.

Sementara itu, informasi yang berhasil dihimpun, MCK di sekolah-sekolah sekitar Karawang, khususnya di sekolah dasar, kondisinya kotor, tidak terawat serta tidak layak pakai.

Baca juga: Mayoritas sekolah di Kabupaten Mukomuko belum miliki toilet
Baca juga: Berhenti Sekolah Gara-gara Kekurangan Toilet

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019