Perluas jangkauan pelayanan, Pamekasan luncurkan aplikasi berbasis android

id aplikasi android,layanan publik,Pamekasan

Demo Layanan Publik Sejumlah aktivis mahasiswa berunjukrasa di depan kantor Bupati Pamekasan, Jatim, Senin (28/5). Mereka menuntut pemkab setempat untuk segera membenahi pelayanan kesehatan di kabupaten itu yang dianggap tidak memihak kepada Gakin dan melakukan evaluasi terhadap penempatan guru guna terciptanya pemerataan guru di semua lapisan masyarakat. (FOTO ANTARA/Saiful Bahri)

Pamekasan, Jatim (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu malam meluncurkan aplikasi layanan publik berbasis telepon pintar android untuk memperluas jangkauan pelayanan kepada masyarakat di wilayah itu.

Peluncuran aplikasi yang diberi nama "Pamekasan Smart" itu dilakukan langsung oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakil Bupati Pamekasan Raja`e.

"Dengan peluncuran aplikasi layanan publik berbasis android ini diharapkan pelayanan publik di Pamekasan lebih baik dan jangkauan pelayan semakin luas," kata Bupati Baddrut Tamam.

Ada 12 fitur yang disediakan di aplikasi layanan publik berbasis android "Pamekasan Smart" ini. Masing-masing, layanan kesehatan, pendidikan, fasilitas umum, layanan umum, pemerintahan, tourism/wisata, penginapan dan restauran.

Selanjutnya potensi daerah yang ada di Kabupaten Pamekasan, layanan eksternal, lalu emergency/kedaruratan dan terakhir aplikasi jual beli hasil produk-produk lokal Pamekasan atau e-lapak.

Bupati Baddrut Tamam menyatakan, peluncuran "Pamekasan Smart" ini sebagai bentuk komitmen kepemimpinan dirinya bersama Wabup Raja`e, karena peningkatan layanan publik memang menjadi perioritas program, selain kewirausahaan dan peningkatan layanan kesehatan.

"Tentunya pelayanan yang ada saat ini akan terus kita tingkatkan, akan terus kita 'upgrade' agar terus lebih baik," kata Baddrut.

Dalam kesempatan itu juga ditunjukkan tentang cara pengoperasian aplikasi "Pamekasan Smart" itu, yakni berkaitan cara pelaporan dan keluhan jalan rusak.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemkab Pamekasan M Bahrun menyatakan, peningkatan pelayanan publik melalui aplikasi berbasis android "Pamekasan Smart" itu sebagai bentuk implementasi dari amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Peraturan Bupati (Perbup) Pamekasan Nomor18 Tahun 2018 tentang Pengembangan e-Government (e-gov) di Lingkungan Pemkab Pamekasan.

"Dan aplikasi ini tersambung secara langsung ke masing-masing instansi terkait. Ini juga sebagai bentuk inovasi terbaru pelayanan publik berbasis teknologi yang menghubungkan langsung antara masyarakat dan pemerintah daerah," katanya.

Aplikasi layanan publik berbasis androir "Pamekasan Smart" ini bisa diunduh secara langsung di "Google play store".

Hadir juga dalam acara peluncuran aplikasi layanan publik berbasis android ini, Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo, dan pimpinan orgnisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Pamekasan.

Baca juga: Polisi Pamekasan sediakan ojek gratis bagi jamaah haji

Baca juga: Warga Keluhkan Layanan PDAM Pamekasan

Pewarta : Abd Aziz
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar