Kalau kita kembangkan dana wakaf dan ini akan terus berputar untuk umat dan bermanfaat bagi umat,
Jakarta (ANTARA News) - Konsep filantropi Islam diyakini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengentaskan kemiskinan yang ada di Indonesia dengan melakukan zakat dan sedekah yang tersistem.

Ketua Umum Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam (SI) Hamdan Zoelva dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, berpendapat ide pengembangan dana dari para filantropi Islam dapat menanggulangi masalah-masalah kemiskinan.

"Inilah inti dari ajaran Islam. Kenapa kita diwajibkan zakat dan dianjurkan sedekah dan wakaf karena dijanjikan kalau menanam satu akan tumbuh 700 untuk yang melakukan. Inilah kenapa kita dorong karena tentu sangat bermanfaat dan efeknya ini luar biasa untuk pemberdayaan umat dan pemberantasan kemiskinan," kata  Hamdan. Hamdan yang menerima kunjungan organisasi sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT) di kantor SI menjelaskan, salah satu upaya pengentasan kemiskinan tersebut yaitu melalui pengembangan dana wakaf sebagai filantropi tertinggi dalam Islam.

"Kalau kita kembangkan dana wakaf dan ini akan terus berputar untuk umat dan bermanfaat bagi umat. Ini pelan-pelan dan pasti akan mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia karena kita libatkan bersama-sama masyarakat," kata dia.
 
Hamdan melanjutkan hasil pengelolaan wakaf produktif tidak untuk perseorangan melainkan untuk investasi dan diputar untuk usaha produktif sehingga menghasilkan. Pendapat Hamdan diamini Vice President ACT Iqbal Setyarso yang mengatakan organisasinya mengupayakan ide filantropi Islam tersebut untuk mengentaskan masalah ekonomi masyarakat Indonesia.

ACT tahun ini mengusung tema The Rise of Islamic Filantrophy (TRIP) sebagai upaya menjadikan filantropi Islam sebagai solusi pengentasan kemiskinan dan permasalahan lainnya yang dihadapi umat Islam.

"Alhamdulillah, ACT sendiri sudah berikhtiar membantu sesama muslim dan yang membutuhkan sejak lembaga ini berdiri. Hingga saat ini, sudah ribuan penerima manfaat yang merasakan bantuan dari ACT. Dan kita juga punya program pemberdayaan masyarakat dengan wakaf melalui program-program dari Global Wakaf," ucap Iqbal. 

Baca juga: Pengelolaan zakat bakal berstandar ISO
Baca juga: Forum Zakat Dunia: Manfaatkan zakat untuk pembangunan

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019