Gempa ini merupakan gempa bumi dangkal yang terjadi pada Region Lanjur Anjak Mamberamo
Jayapura, (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR), Kamis sekitar pukul 03.38 WIT melanda wilayah Kabupaten Sarmi dan daerah sekitarnya di Provinsi Papua.

Data dari BMKG Wilayah V Jayapura, Kamis menyebutkan, gempa teknonik yang terjadi pada koordinat 1.93 LS (lintang selatan) dan 138.52 BT (bujur timur) itu, tepatnya di darat pada 26 km barat daya Sarmi, dengan kedalaman 22 km.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, karena dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa ini merupakan gempa bumi dangkal yang terjadi pada Region Lanjur Anjak Mamberamo.

Hingga pukul 04:00 WIT, dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) sehingga masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kapolres Sarmi AKBP Paul Izak kepada Antara menyatakan bahwa hingga kini belum ada laporan tentang dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

"Biasanya bila gempa di atas 5 SR yang kami khawatirkan," katanya saat dihubungi melalui telepon selulernya dari Jayapura.

Baca juga: Gempa 5,3 SR melanda Sarmi

Baca juga: Gempa magnitudo 4,8 guncang Sarmi, Papua

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019