Medan (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara terus mematangkan persiapan pelaksanaan Pemilu 2019 agar berjalan dengan baik termasuk dengan meminta dukungan pemerintah daerah dalam pendistribusian logistik pemilu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara, Yulhasni di Medan, Sabtu, mengatakan tahapan Pemilu 2019 saat ini terus berjalan diantaranya pendistribusian logistik surat suara, penyusunan daftar pemilih tambahan (DPTb), Daftar Pemilih Khusus (DPK), dan perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dalam hal pendistribusian logistik pemilu, pihaknya meminta Pemprov Sumut memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas maupun anggaran untuk mendukung tahapan yang sedang berlangsung.

"Misalnya untuk akses dan transportasi pendistribusian logistik ke daerah-daerah terluar seperti Kepulauan Nias, KPU butuh sokongan transportasi seperti kapal atau perahu dari pemerintahan daerah," katanya.

Terkait kampanye, KPU juga membutuhkan usaha dari pemerintah daerah untuk menertibkan alat peraga kampanye oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Selain itu juga dukungan untuk memaksimalkan sosialisasi tentang tata cara pindah memilih, ketentuan undangan memilih (C6), dan tahapan-tahapan pemilu yang perlu diketahui masyarakat.

"Seperti bantuan dana sosialisasi spanduk tata cara pindah memilih yang sudah kita dapatkan dari Kesbangpol Sumut," katanya.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Pemprov Sumut, Sabrina, mengatakan, pihaknya menyambut baik langkah KPU Sumut untuk meminta dukungan pemerintah daerah dalam menyukseskan Pemilu 2019.

Untuk itu pihaknya berjanji akan membantu KPU Sumut seperti memberi dukungan transportasi, akses jalan, izin, pengamanan, hingga anggaran kegiatan.

"Kita sepakat akan mensukseskan pemilu 2019. Untuk itu mari kita jalin sinergitas agar pesta demokrasi berjalan dengan sukses dan meriah," katanya.

Baca juga: KPU Sumut menyasar pemilih milenial

Baca juga: KPU Sumut optimistis partisipasi pemilih capai 70 persen

Pewarta: Juraidi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019