Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi PAN MPR RI Alimin Abdullah mengajak masyarakat memahami kembali landasan ideologi, konstitusi, komitmen kebangsaan serta semangat kesatuan dalam perbedaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang terangkum dalam Empat Pilar MPR RI.

Keempat pilar tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Sebagian masyarakat yang sudah melupakan jatidiri bangsa, saya mengajak untuk kembali memahami landasan ideologi, konstitusi, komitmen kebangsaan serta semangat kesatuan dalam perbedaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang terangkum dalam empat pilar MPR RI," kata Alimin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Hal itu dikatakannya dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di daerah Pasar Minggu yang dihadiri masyarakat Kalibata Pulo dan Pejaten Barat, Selasa (5/2).

Alimin menegaskan bahwa nilai-nilai Empat Pilar MPR RI harus dijadikan landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, menurut dia, juga merupakan dasar karakter bangsa yang harus terus dipertahankan dan dijaga dalam kehidupan sehari-hari. "Diharapkan kehidupan masyarakat berlandaskan empat pilar ini akan menjadi penyangga kokoh bagi aspek kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Dia mengatakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI itu diharapkan dapat membangkitkan semangat dalam membangun kesadaran untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara dalam hidup berdampingan dengan rukun dalam bingkai NKRI.

Alimin menegaskan bahwa sosialisasi tersebut memiliki makna yang sangat mendalam bagi kehidupan berbangsa dan bernegara yakni untuk rasa cinta tanah air, memiliki wawasan kebangsaan serta untuk memperkuat potensi integrasi bangsa.

"Seperti kerukunan antarsuku, golongan dan lain sebagainya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019