Jakarta (ANTARA News) - Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengatakan banyak pemuda Indonesia yang kreatif dan bersikap optimis, mereka mampu berkreasi yang bagus dan positif.

"Tapi mengapa masih ada pihak yang terus membangun pesimisme dan menyampaikan berita bohong," kata Megawati Soekarnoputri usai pertunjukan seni dari Swara Bergembira pada peringatan ulang tahun ke-72 Megawati Soekarnoputri, di Jakarta, Rabu.

Hadir pada peringatan ulang tahun itu, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan Boediono. 

Hadir juga para Menteri Gotong-Royong era pemerintahan Presiden Megawati  yakni, Menteri Luar Negeri Hasan Wirajuda,  Menteri Kehakiman Yusril Ihza Mahendra, Menteri Perhubungan Agum Gumelar,  Kepala Bapenas Kwik Kian Gie, Menteri Riset dan Teknologi Hatta Rajasa.

Hadir juga Menteri pada Kabinet Kerja era Presiden Jokowi, yakni Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, serta Menteri Desa Eko Putro Sandjojo.

Tampak hadir juga, mantan Kapolri Da'i Bachtiar, Mantan Gubernur Bank Indonesia Miranda Goeltom. Keluarga Megawati yakni, Guntur Soekarnoputro dan Sukmawati Soekarnoputri.

Megawati menjelaskan, Indonesia adalah negara besar dan diakui dunia internasional.  Indonesia membutuhkan pemimpin yang dapat mengakomodasi aspirasi rakyat,  termasuk kaum muda, untuk kemajuan bangsa dan negara. "Disayangkan,  kalau masih ada pihak yang membangun pesimisme dengan membuat kabar bohong," katanya.

Megawati pun menegaskan, bahwa para pendiri bangsa membangun negara ini dengan kesepakatan dari keberagaman penduduk, dalam Pancasila dan  UUD 1945. "Indonesia itu persatuan dalam keberagaman. Indonesia itu masyarakatnya gotong-royong dan rukun. Indonesia bersatu dalam NKRI," katanya.

Megawati menegaskan, kalau masih ada pihak yang mencoba berekspresimen ingin memunculkan ideologi lain atau membelah bangsa, agar muncul secara ksatria, jangan bersembunyi. "Para pendiri bangsa sudah jelas membangun negara ini sesuai cita-cita bangsanya," kata Megawati.

Peringatan ulang tahun ke-72 Megawati dimeriahkan penampilan seni pertunjukan tadi modern dari Swara Bergembira. Berbagai kreasi tarian modern, tarian kolosal, maupun tarian dengan kostum karakter badut ditampilkan.

Baca juga: Megawati rayakan ulang tahun bersama kaum milenial
Baca juga: Doa Presiden di HUT Megawati Soekarnoputri
Baca juga: Presiden hadiri pagelaran Bangun Pemudi Pemuda

 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019