Jadi selama dua bulan penuh kami akan memberikan diskon kepada pengguna jalan tol tersebut
Surabaya (ANTARA News) - PT Jasa Marga akan memberikan diskon atau potongan harga sebesar 15 persen untuk ruas tol jarak terjauh yakni dari Pandaan menuju Grati dari seharusnya Rp47.500 menjadi Rp40 ribu.

Pengganti Tugas (Pgs) General Manager Jasa Marga Cabang Surabaya Gempol, Bagus Cahya di Surabaya, Sabtu, mengatakan diskon tersebut mulai efektif diberikan sejak tanggal 21 Januari sampai dengan 20 Maret 2019.

"Jadi selama dua bulan penuh kami akan memberikan diskon kepada pengguna jalan tol tersebut," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Sabtu.

Ia mengemukakan pemberian diskon ini seiring dengan mulai diberlakukannya tarif resmi jalan tol Trans-Jawa tersebut.

"Pengoperasian jalan tol Trans-Jawa dilakukan dengan membagi beberapa ruas jalan tol Trans Jawa dalam kluster wilayah pengoperasian yang bertujuan untuk menjaga kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan," ucapnya.

Ada empat cluster jalan tol Trans Jawa yakni, Kluster I, Jakarta-Cikampek dan Cikampek-Palimanan, Kluster II, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, Kluster III: Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto dan Mojokerto-Surabaya, dan Kluster IV Surabaya-Gempol Segmen Porong-Gempol, Gempol-Pandaan dan Gempol-Pasuruan.

"Diskon tarif tol diberikan kepada pengguna jalan tol jarak terjauh dalam 1 CKuster yakni di Kluster II, Kluster III, dan Kluster IV," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk diskon tarif 15 persen pada Kluster II hanya berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di Gerbang Tol (GT) Palimanan dan keluar di GT Kali Kangkung serta sebaliknya.

"Sementara itu untuk diskon 15 persen pada Kluster III hanya berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di GT Banyumanik dan keluar di GT Warugunung, serta sebaliknya. Dan yang terakhir, diskon tarif 15 persen pada Kluster IV hanya berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di GT Kejapanan Utama dan keluar di GT Grati, serta sebaliknya," ujarnya.

Ia mengatakan, diskon tarif tol juga khusus berlaku bagi pengguna jalan dengan saldo uang elektronik cukup, tidak berlaku untuk pengguna jalan dengan saldo uang elektronik yang kurang serta tidak berlaku untuk uang elektronik yang tidak dapat dibacakan.

"Kami berharap dengan adanya pemberian diskon ini bisa merangsang kepada pengguna jalan memanfaatkan keberadaan jalan tol," katanya.

Baca juga: Tol Pandaan-Malang dilalui 76.668 kendaraan, sebelum ditutup kembali
Baca juga: Tol Pandaan-Malang dibuka fungsional untuk kelancaran libur Natal

 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019