... perkuatan dari TNI sekitar 2.000 personel, kemudian dari pemerintah daerah serta dukungan organisasi kemasyarakatan...
Semarang (ANTARA News) - Polda Jawa Tengah menerjunkan lebih dari 16. personel untuk mengamankan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di berbagai wilayah di provinsi ini.

"Ada perkuatan dari TNI sekitar 2.000 personel, kemudian dari pemerintah daerah serta dukungan organisasi kemasyarakatan," kata Kepala Polda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Tjondro Kirono, usai apel pasukan Operasi Lilin Candi 2018 , di Semarang, Jumat.

Menurut dia, fokus pengamanan dilakukan di gereja dan lokasi-lokasi yang akan digunakan untuk perayaan Natal. Selain itu, lanjut dia, bertepatan dengan libur akhir tahun itu pengamanan juga difokuskan ke objek-objek wisata.

"Kami tingkatkan kewaspadaan, khususnya di objek-objek wisata air, bersama Badan SAR Nasional dan BPBD," katanya.

Khusus untuk jalur tol lintas Jawa yang sudah tersambung, kata dia, pengendalian pengamanan akan dilakukan di Polda Jawa Tengah mengingat ruas jalan bebas hambatan tersebut melintas di sejumlah kabupaten/ kota.

Ia menjelaskan pengamanan sendiri akan dibagi dalam tiga klaster, yakni Brebes-Batang, Batang-Semarang, serta Semarang-Sragen.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta masyarakat tidak berlebihan dalam merayakan pergantian tahun. "Kepolisian akan melaksanakan tugasnya menjaga keamanan dan deteksi dini," katanya.

Pewarta: Immanuel Senjaya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018