Tebuireng, Jombang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menemui Pimpinan Ponpes Tebuireng Solahudin Wahid (Gus Solah) di tempat KH Hasyim Asy'ari biasa menunaikan sholat malam semasa hidupnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Selasa pada sekitar pukul 14.00 WIB.

"Iya pertemuannya di tempat Mbah Hasyim biasa sholat malam," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Ia sendiri mendampingi Presiden hanya ke depan pintu ruangan.

"Saya di depan, tidak ikut ke dalam. Hanya lihat sandalnya saja," katanya sambil tersenyum.

Saat tiba di pesantren tersebut, Presiden kemudian disambut pimpinan dan para pengasuh pesantren tersebut dan melalukan pertemuan tertutup dengan Gus Sholah.

Pertemuan digelar selama sekitar 45 menit kemudian Presiden melakukan ziarah ke makam Gus Dur, makam KH A. Wahid Hasyim, dan makam KH M. Hasyim Asy'ari.

Pada kesempatan itu Presiden didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Johan Budi SP, Gubernur Jatim Soekarwo.

Hadir pula putri Gus Dur Yenny Wahid yang ikut serta menyambut kedatangan Presiden.

Setelah itu, Presiden dan rombongan menuju  Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari untuk meresmikan museum tersebut.
Presiden saat sebelum meresmikan museum yang digagas sejak 2010 itu mengatakan bahwa melalui Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari semua diingatkan bahwa Islam masuk ke nusantara dengan proses yang sangat damai.

"Selaku Presiden Republik Indonesia, selaku bagian dari umat Islam di Indonesia, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gus Solah beserta seluruh keluarga besar Tebuireng yang telah banyak memberikan kontribusi yang luar biasa bagi umat Islam di Indonesia. Kontribusi yang luar biasa kepada Indonesia yang kita cintai bersama," katanya.

Baca juga: Tebuireng dirikan pusat kajian KH Hasyim Asy`ari

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018