Jakarta (ANTARA News) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyaksikan pelantikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Riau Rosmiati Saleh dan Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin Mersyah. 

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla, Senin di Ruang Cinderamata, Istana Negara, Jakarta.

"Dekranas adalah organisasi independen dan nirlaba yang berfungsi antara lain melestarikan dan mengembangkan warisan budaya nusantara melalui pembinaan dan pengembangan produk kerajinan," kata Mufidah dalam sambutannya.

Para ketua Dekranasda dari Provinsi Riau dan Bengkulu dilantik melalui Surat Keputusan Dekranas No. 58/Dekran/SK/12/2018 dan No. 59/Dekran/SK/12/2018 Tentang Pengesahan Pemberhentian Pelaksana Tugas Ketua dan Pengangkatan Ketua Dekranasda Provinsi Riau sisa masa jabatan 2014-2019 dan Provinsi Bengkulu sisa masa jabatan Tahun 2016-2021.

Menurut Mufidah, pembinaan dan pengembangan produk kerajinan diharapkan dapat mengangkat harkat, dan martabat, serta taraf hidup perajin.

Mufidah menjelaskan banyak program yang telah dilakukan oleh Dekranas dan Dekranasda.
 
.


Ketua Dekranas meminta para Ketua Dekranasda yang baru dilantik untuk melaksanakan hasil Munas Dekranas Tahun 2015 dan Rakernas Dekranas.

"Oleh karena itu saya berharap para ketua Dekranasda provinsi yang baru dilantik pada sisa masa jabatannya segera mengevaluasi dan menyusun program kegiatannya," jelas Mufidah.

Usai pelantikan, Iriana Jokowi yang juga sebagai Pembina Dekranas Indonesia memberikan selamat kepada seluruh pengurus Dekranasda Riau dan Bengkulu.

Presiden Jokowi sebelumnya telah melantik Wan Thamrin Hasyim sebagai Gubernur Provinsi Riau sisa masa jabatan 2014-2019, dan Rohidin Mersyah sebagai Gubernur Bengkulu sisa masa jabatan 2016-2021.

Baca juga: Iriana saksikan sembilan istri Gubernur dilantik jadi Ketua Dekranasda
 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018