Kita seperti memperpanjang napas anak cucu kita nanti. Kita memberikan cadangan oksigen bagi kelangsungan hidup manusia
Jakarta (ANTARA News) - Grup band papan atas Indonesia, Gigi dan aktris Shafa Tasya Kamila, dipercaya menjadi duta lingkungan, khususnya pada aksi penanaman pohon trembesi (Albizia saman) atau dikenal juga dengan nama "Samanea saman".

Keduanya, pekan lalu (5/12) 2018, menanam pohon trembesi di jalan toll Trans Jawa pada ruas  Surabaya-Mojokerto, yang digagas Pohon Djarum untuk Kehidupan (Djarum Trees for Life/(DFTL), sebuah program "Bakti Lingkungan" Djarum Foundation, yang menyasar kegiatan lingkungan, berkolaborasi dengan  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemkab Sidoarjo, PT Jasa Marga Surabaya-Mojokerto dan PT Transmarga Gempol-Pasuruan.

Mewakili rekan-rekannya --yakni Dewa Budjana (gitar), Gusti Hendy (drum), dan Thomas Ramdhan (bas) -- vokalis band yang berdiri sejak 1994, Armand Maulana menyebut persoalan lingkungan membutuhkan perhatian dan upaya bersama dari semua pihak. 

Dibutuhkan kerja sama seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu dalam melakukan tindakan nyata, dan salah satunya dengan tindakan nyata menanam pohon itu.

"Kita seperti memperpanjang napas anak cucu kita nanti. Kita memberikan cadangan oksigen bagi kelangsungan hidup manusia," kata Armand Maulana.
 
Aktris Tasya Kamila menanam pohon trembesi di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo, Jatim, dalam kapasitas sebagai duta lingkungan DFTL. (ANTARA FOTO/HO-Humas DFTL/2018).


Sedangkan penyanyi cilik pada era tahun 2000, Tasya Kamila, yang telah menjadi duta lingkungan hidup semenjak kelas 2 SMP hingga pada 2006 dinobatkan oleh KLHK, mengapresiasi gerakan penanaman pohon trembesi melalui program DFTL itu.

"Aku apresiasi kepada DFTL karena sudah berkomitmen untuk melakukan penanaman pohon di seluruh Indonesia, dan menghijaukan Indonesia, " kata Tasya, ketika ikut menanam trembesi di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Tasya juga menyebutkan akan peduli tentang lingkungan hidup selama-lamanya.

"Aku 'kan punya yayasan juga yang bergerak di bidang lingkungan dan itu salah satu komitmen aku untuk terus bergerak di bidang lingkungan hidup dan mengajak lebih banyak orang lagi untuk  mereka cinta lingkungan," kata  alumnus Fakultas Ekonomi UI, yang mengambil jurusan Master of Public Administration dengan konsentrasi energi dan lingkungan S2 di School of International and Public Affairs, Columbia University-New York, Amerika Serikat atas beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) itu.
.

Baca juga: Melanie Subono tanam trembesi di halaman kantor Walhi

Baca juga: Duta Lingkungan: Belanja praktis tanpa kantong plastik

Baca juga: Penanaman trembesi selaras visi Sidoarjo antisipasi pemanasan global


 

Pewarta: Andi Jauhary
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018