Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengarahkan Aparatur Sipil Negara untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dalam melayani masyarakat.

"ASN juga harus melakukan banyak penyesuaian dalam perubahan zaman. Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, lanskap politik, dan lanskap budaya di seluruh dunia," kata Jokowi dalam sambutannya saat menghadiri Upacara Hari Ulang Tahun Ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tahun 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis.

Menurut Presiden, ASN dihadapkan kepada perubahan sosial yang besar karena perkembangan teknologi.

Perkembangan informasi dan teknologi mempermudah ASN dan cara kerja birokrasi.

Dengan teknologi itu, ujar Presiden, memfasilitasi masyarakat menyampaikan aspirasi dengan mudah dan tuntutan pelayanan yang lebih baik juga meningkat.

"Mau tidak mau, ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan serta menjaga akuntabilitas. Mau tidak mau, ASN harus selalu open mind, terus melakukan inovasi dan menyederhanakan proses kerja," jelas Presiden.
 
Mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu meminta ASN tidak terjebak ego sektoral dan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait.

Masalah yang ada di masyarakat, kata Jokowi, bersifat lintas daerah dan lintas sektoral sehingga dengan pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018