Jakarta (ANTARA News) - Wakil Komandan Marinir Amerika Serikat untuk wilayah Pasifik Brigjen Robert B. Sofge menegaskan pentingnya kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Kita berbicara kepada rekan dan mitra pemerintah serta bisnis tentang pentingnya Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," ujar Brigjen Robert B. Sofge saat menghadiri pameran Indo Defense 2018 di Jakarta, Kamis.

Sofge mengatakan Amerika Serikat menginginkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka sehingga dapat memberikan manfaat yang besar kepada kawasan.

"Ini menjadi tanggungjawab bersama bagi kita untuk menjamin kesejahteraan dan keamanan di kawasan Indo-Pasifik," ujar dia.
 
Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi mengatakan Indo-Pasifik merupakan hal yang strategis bagi Indonesia dan ASEAN yang terletak di tengah-tengah atau sebagai poros kedua kawasan, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Retno dalam Forum Menteri Luar Negeri Negara Peserta KTT Asia Timur (East Asia Summit/EAS) ke-51.

Menlu Retno menyuarakan kepentingan Indonesia mengenai penguatan kerja sama di Kawasan Indo-Pasifik.

Pemerintah Indonesia menawarkan suatu cara pandang terhadap Kawasan Indo-Pasifik yang diarahkan bagi peningkatan kerja sama di bidang maritim, konektivitas dan agenda pembangunan berkesinambungan. 

Baca juga: Presiden panggil jajarannya sebelum berangkat ke KTT ASEAN
Baca juga: Indonesia fokus Indo-Pacifik dalam KTT ASEAN

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018